PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM IPA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS VII SMPN 1 SARONGGI

Syarifah, Ulfatus (2018) PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM IPA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS VII SMPN 1 SARONGGI. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Ulfatus Syarifah 2018_714.7.1.0245.pdf

Download (139kB) | Preview

Abstract

Kegiatan praktikum akan terlaksana dengan efisien dan efektif apabila tersedia sarana dan prasarana yang menunjang seperti laboratorium, alat, bahan dan petunjuk praktikum. Petunjuk praktikum yang memanfaatkan kondisi lingkungan siswa ke dalam pembelajaran akan membuat siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran karena apa yang dipelajari siswa dirasakan langsung manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan produk petunjuk praktikum IPA berbasis kontekstual; (2) mengetahui kelayakan dan respon siswa pada petunjuk praktikum IPA berbasis kontekstual untuk siswa kelas VII SMPN 1 Saronggi. Metode yang digunakan yaitu model pengembangan 4D terdiri dari define, design, development and dissemination. Instrumen yang digunakan meliputi instrumen kelayakan dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) pengembangan yang dilakukan dapat menghasilkan enam bab materi (2) kelayakan petunjuk praktikum IPA berbasis kontekstual dari validasi materi sebesar 93%; validasi desain sebesar 90%; dan validasi format sebesar 100%, sedangkan hasil respon siswa sebesar 93%. Petunjuk praktikum yang dikembangkan dapat dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar yang dapat membantu siswa dalam melakukan praktikum berdasarkan hasil validasi dan respon siswa. Kata kunci: Petunjuk Praktikum, Kontekstual, 4D

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 – Science > 500 Natural Science and Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA
Depositing User: Ahmad Luthfi
Date Deposited: 19 Jun 2020 04:06
Last Modified: 29 Nov 2022 06:14
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/911

Actions (login required)

View Item View Item