Pengembangan Bahan Ajar Handout IPA Terpadu Berbasis SETS ( Science, Environment, Technology And Societ) Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pasongsongan

Hajjah, Sarifatul (2018) Pengembangan Bahan Ajar Handout IPA Terpadu Berbasis SETS ( Science, Environment, Technology And Societ) Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pasongsongan. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Sarifatul Hajjah 713.7.1.0210.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Bahan ajar dapat membantu memperkaya pengetahuan siswa. Materi yang disampaikan dalam bahan ajar seharusnya ringkas, jelas, terintegrasi serta memuat unsur SETS. Tujuan penelitian adalah: (1) untuk mengetahui kelayakan bahan ajar Handout IPA Terpadu berbasis SETS; dan (2) mengetahui respon guru serta siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Pasongsongan kelas VIII dengan jenis penelitian Research and Development (R&D) mengadaptasi model dari Sugiyono. Subjek uji coba sebanyak 12 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Teknik analisis data diperoleh berdasarkan nilai persentase kelayakan Handout IPA Terpadu berbasis SETS dan hasil angket respon guru serta siswa. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu (1) Bahan ajar dikategorikan sangat layak digunakan dengan perolehan persentase 91% oleh ahli materi dan 79% oleh ahli media dengan kategori layak; dan (2) respon guru sebesar 95% termasuk dalam kategori sangat baik dan respon siswa sebesar 99% termasuk dalam kategori sangat baik. Kata Kunci: Handout, IPA Terpadu, SETS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 – Science > 500 Natural Science and Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA
Depositing User: Ahmad Luthfi
Date Deposited: 19 Jun 2020 04:03
Last Modified: 29 Nov 2022 06:14
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/907

Actions (login required)

View Item View Item