PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM IPA BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SARONGGI

Dwiyanti, Meiliana (2018) PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM IPA BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SARONGGI. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Meiliana_Dwiyanti 714.7.1.0244.pdf

Download (139kB) | Preview

Abstract

Petunjuk praktikum merupakan bahan ajar yang dapat menunjang keberhasilan kegiatan praktikum. Petunjuk praktikum yang memfasilitasi siswa dalam meningkatkan keterampilan berfikir kreatif dalam menemukan konsep materi dapat menambah pemahaman siswa terhadap materi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menghasilkan petunjuk praktikum IPA berbasis discovery learning; dan (2) mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap petunjuk praktikum IPA berbasis discovery learning untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Saronggi. Metode penelitian yang digunakan merupakan model 4D yang terdiri dari define, design, development disseminate. Instrumen pengambilan data dalam penelitian ini yaitu; instrumen kelayakan meliputi kelayakan dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) kelayakan petunjuk praktikum IPA berbasis discovery learning yaitu sebesar 95,33% dengan kriteria sangat layak digunakan; dan (2) respon siswa terhadap petunjuk praktikum sebesar 88,26% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa petunjuk praktikum IPA berbasis discovery learning layak digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan praktikum. Kata kunci: Petunjuk Praktikum,Discovery Learning,4D

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 – Science > 500 Natural Science and Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA
Depositing User: Ahmad Luthfi
Date Deposited: 19 Jun 2020 03:29
Last Modified: 19 Jun 2020 03:36
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/873

Actions (login required)

View Item View Item