EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN BATUAN I PADA TOPIK MENGUBAH BENTUK ENERGI

Maliyah, Rifqiyatul (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN BATUAN I PADA TOPIK MENGUBAH BENTUK ENERGI. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img] Text (Cover)
File1.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text (Daftar Isi)
File2.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text (Abstrak)
File3.pdf - Accepted Version

Download (120kB)
[img] Text (BAB I)
File4.pdf - Accepted Version

Download (179kB)
[img] Text (BAB II)
File5.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text (BAB III)
File6.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text (BAB IV)
File7.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text (BAB V)
File8.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
File9.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
File10.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Maliyah, Rifqiyatul. 2024. Efektivitas Model Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Batuan I Pada Topik Mengubah Bentuk Energi.Tugas Akhir, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Wiraraja, Pembimbing: (1) Tita Tanjung Sari, S.Pd., M.Pd, (2) Kadarisman, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Batuan I pada topk mengubah bentuk energi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023-2024. Menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis pre-eksperimen design dengan desain penelitian one gruoup pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Batuan I. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling purposive. Jadi sampel penelitia ini adalah kelas IV SDN Batuan I. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi, pedoman wawancara, test (pretest-posttest), lembar observasi keterlaksanaan, dan dokumentasi. Pretest dan posttest terdiri dari 10 soal pilihan ganda dan 5 essai yang berkaitan dengan topik mengubah bentuk energi dengan tingkat kognitif yang sama tetapi bentuk soal berbeda. Berdasarkan analisis data pretest dan posttest pada penelitian ini memperoleh hasil bahwa penerapan model pembelajaran STEM efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Batuan I pada topik mengubah bentuk energi dengan selang kepercayaan 95%. Dapat dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t peired sample t-test secara manual memperoleh hasil

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 – Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Anton Budi Siswoyo
Date Deposited: 15 Apr 2025 03:58
Last Modified: 15 Apr 2025 03:58
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/4904

Actions (login required)

View Item View Item