Maliyah, Rifqiyatul (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN BATUAN I PADA TOPIK MENGUBAH BENTUK ENERGI. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
![]() |
Text (Cover)
File1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (389kB) |
![]() |
Text (Daftar Isi)
File2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
File3.pdf - Accepted Version Download (120kB) |
![]() |
Text (BAB I)
File4.pdf - Accepted Version Download (179kB) |
![]() |
Text (BAB II)
File5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
![]() |
Text (BAB III)
File6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
File7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
![]() |
Text (BAB V)
File8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
File10.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
Abstract
Maliyah, Rifqiyatul. 2024. Efektivitas Model Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Batuan I Pada Topik Mengubah Bentuk Energi.Tugas Akhir, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Wiraraja, Pembimbing: (1) Tita Tanjung Sari, S.Pd., M.Pd, (2) Kadarisman, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Batuan I pada topk mengubah bentuk energi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023-2024. Menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis pre-eksperimen design dengan desain penelitian one gruoup pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Batuan I. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling purposive. Jadi sampel penelitia ini adalah kelas IV SDN Batuan I. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi, pedoman wawancara, test (pretest-posttest), lembar observasi keterlaksanaan, dan dokumentasi. Pretest dan posttest terdiri dari 10 soal pilihan ganda dan 5 essai yang berkaitan dengan topik mengubah bentuk energi dengan tingkat kognitif yang sama tetapi bentuk soal berbeda. Berdasarkan analisis data pretest dan posttest pada penelitian ini memperoleh hasil bahwa penerapan model pembelajaran STEM efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Batuan I pada topik mengubah bentuk energi dengan selang kepercayaan 95%. Dapat dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t peired sample t-test secara manual memperoleh hasil
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Anton Budi Siswoyo |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 03:58 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 03:58 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/4904 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |