Atia, Virasatul (2024) Peran guru kelas dalam pendidikan karakter Siswa kelas II untuk mengatasi terjadinya Bullying di SDN Cangkreng I. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (Cover)
File1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (548kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Isi)
File2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (273kB) | Request a copy |
|
Text (Abstrak)
File3.pdf - Accepted Version Download (269kB) |
|
Text (BAB I)
File4.pdf - Accepted Version Download (217kB) |
|
Text (BAB II)
File5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
File6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
File7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (363kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
File8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
File9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (278kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
File10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (687kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru kelas dalam pendidikan karakter siswa kelas II untuk mengatasi terjadinya bullying di SDN Cangkreng I.Instrumen pada penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, waktupenelitian ini dalam semester genap 2024 di SDN Cangkreng I denganmenggunakan metode deskriptif, sumber data dalam penelitian ini adalah dataprimer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara,dan dokumentasi, dengan teknik analis data yaitu reduksi data, penyajian data, dankesimpulan, dengan uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa penelitian ini dinyatakan layak dilakukan karena hasilpenelitian ini sangat dibutuhkan untuk mengetahui peran guru kelas dalampendidikan karakter siswa kelas II untuk mengatasi terjadinya bullying di SDN Cangkreng I. Peran guru dalam pendidikan karakter sangat berpengaruh dalammengatasi tindakan bullying tersebut. Karena dengan pembiasaan pembiasan yangselalu guru terapkan di sekolah dapat sedikit demi sedikit membuat anak pahamakan bahaya tindakan bullying dan harus menjahui tindakan tersebut. SDNCangkreng I menganggap pendidikan karakter merupakan aspek penting dalampembelajaran untuk menciptakan sikap dan moral yang baik pada diri anak.Karakter yang baik tentunya akan membuat anak menjahui perbuatan yang tidakbaik seperti halnya bullying. SDN Cangkreng I juga menempelkan poster disudutruang kelas dimana poster tersebut berisi ungkapan bahwa bullying sangat tidakbaik di lakukan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Virasataul Atia NPM720720223 |
Uncontrolled Keywords: | Peran guru, Pendidikan karakter, Bullying. |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Depositing User: | Anton Budi Siswoyo |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 03:48 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 03:48 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/4341 |
Actions (login required)
View Item |