Sabibi, Wina Rahman (2024) Pengaruh Human Capital, Social Media Capital, Dan Cultural Capital Terhadap Performance UMKM (Studi Kasus Pada Para Pelaku UMKM Keris Di Desa Aeng Tong-Tong). Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
File 1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (809kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
File 2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (903kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
File 3.pdf - Accepted Version Download (261kB) |
|
Text (BAB1)
File 4.pdf - Accepted Version Download (290kB) |
|
Text (BAB2)
File 5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (340kB) | Request a copy |
|
Text (BAB3)
File 6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (798kB) | Request a copy |
|
Text (BAB4)
File 7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (494kB) | Request a copy |
|
Text (BAB5)
File 8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File 9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (262kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
File 10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (627kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji secara empiris pengaruh human capital, social media capital, dan cultural capital terhadap performance UMKM. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survei. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 82 UMKM keris di Desa Aeng Tong-Tong yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan bersumber dari data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online melalui whatsapp dan secara langsung kepada responden penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa human capital berpengaruh positif dan signifikan terhadap performance UMKM, social media capital tidak berpengaruh terhadap performance UMKM, dan cultural capital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap performance UMKM. Penelitian ini memiliki keterbatasan pada sampel, dimana responden dalam penelitian ini hanya mencakup sebagian kecil dari populasi yang ada dan generalisasinya terbatas. Ketersediaan responden yang dapat memberikan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian juga menjadi salah satu keterbatasan sehingga jumlah responden tidak sesuai dengan target awal. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mengembangkan teori yang digunakan terkait peningkatan kinerja UMKM dan memberikan pemahaman tentang bagaimana aspek-aspek modal mempengaruhi kinerja UMKM. Selain itu, penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan perilaku inovatif para pelaku UMKM, serta memberikan masukan kepada pemerintah untuk merancang kebijakan dan program yang mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan UMKM. Kata Kunci: Human Capital; Social Media Capital; Cultural Capital: Performance; UMKM.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Wina Rahman Sabibi 720221440 |
Uncontrolled Keywords: | Human Capital, Social Media Capital, Cultural Capital, Performance, UMKM |
Subjects: | 600 – Technology > 650 Management & Public Relations > 657 - Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Wina Rahman Sabibi |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 04:16 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 04:16 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/4184 |
Actions (login required)
View Item |