Nabila, Nada (2024) Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Dan Sopan Santun Siswa Kelas II MI Hayatul Ulum. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
File1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (172kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
File2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (114kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
File3.pdf - Accepted Version Download (175kB) |
|
Text (BAB I)
File4.pdf - Accepted Version Download (190kB) |
|
Text (BAB II)
File5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (215kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
File6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
FIle7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (330kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
File8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (112kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
FIle9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
File10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (694kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru serta faktor pendukung dan hambatan yang dialami guru dalam membentuk karakter disiplin dan sopan santun siswa kelas II. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Adapun instrumen penelitiannya dengan wawancara kepada kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam membentuk karakter disiplin dan sopan santun siswa kelas II MI Hayatul Ulum telah berjalan sesuai perannya dengan baik dan berdasarkan hasil penelitian terdapat 4 peran. Peran tersebut telah sesuai dengan teori peran guru, yang mencakup guru sebagai : 1) Pengajar; 2) Pembimbing; 3) Model dan teladan; serta 4) Motivator. Adapun faktor pendukung dan faktor penghambat yang terdapat dalam penelitian ini diantaranya : a). Faktor pendukung yaitu kerja sama yang baik antara orang tua siswa dan guru dalam memahami dan membentuk karakter disiplin dan sopan santun siswa. Sedangkan b). Faktor penghambat yang dihadapi guru dari segi internal adalah kurangnya kesadaran dari siswa itu sendiri. Sedangkan dari segi eksternal, kurangnya kerja sama antara orang tua siswa dengan guru. Kerja sama yang tidak terjalin dengan baik menjadi kendala, karena menyebabkan kesalahpahaman mengenai siswa, yang berdampak pada kesulitan guru dalam membentuk karakter mereka.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Nada Nabila NPM720720208 |
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Karakter Disiplin, Sopan Santun |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Anton Budi Siswoyo |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 01:56 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 01:56 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/4141 |
Actions (login required)
View Item |