Kajian etnosains pada kearifan local Pembuatan ikan asin di desa sepanjang sebagai Sumber belajar IPA

Ainunnisa, Wahyu (2024) Kajian etnosains pada kearifan local Pembuatan ikan asin di desa sepanjang sebagai Sumber belajar IPA. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img] Text (COVER)
File1.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (842kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
File2.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
File3.pdf - Accepted Version

Download (295kB)
[img] Text (BAB I)
file4.pdf - Accepted Version

Download (518kB)
[img] Text (BAB II)
File5.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
File6.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
File7.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
File8.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
File9.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
File10.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Desa Sepanjang merupakan daerah yang memilki kearifan lokal pembuatan ikan asin yang memilki potensi untuk diimplementasikan dalam proses pembelajar IPA sebagai sumber belajar, sebab pada kearifan lokal pembuatan ikan asin terdapat pengeatahuan lokal masyarakat yang dapat ditransformasikan menjadi pengetahuan ilmiah. Namun kearifan lokal pembuatan ikan asin ini tidak pernah diimplementasikan dalam proses pembelajaran dikarenakan kurangnya pemahaman guru tentang bagaimana cara mengimplementasikan kearifan local dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil kajian etnosains pada kearifan lokal pembuatan ikan asin di Desa Sepanjang serta ntuk mengetahui keterkaitan antara hasil kajian etnosains pada pembuatan ikan asin di Desa Sepanjang dengan materi pelajaran IPA SMP agar dapat dijasikan sumber belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnosains. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang didapatkan dianalaisis melalui tiga tahap yaitu, tahap inventarisasi, tahap rekontruksi dan redefinisi, serta tahap reinterpretasi. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengetahuan local masyarakarat yang dapat ditransformasikan dalam bentuk tersurat yaitu (ikan, garam, air laut, pancing, gunting, pisau, cahaya matahari, busuk, bau, ulat, jamur, kering, asin dan orang tua), adapun pengetahun ilmiah yang tersirat yaitu pada pengeringan terjadi perpindahan kalor, pada proses penggaraman terjadi proses osmosis) dan materi IPA yang terkait meliputi: materi klasifikasi makhluk hidup elas VII, materi Usaha dan Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari kelas VIII, Klasifikasi Materi dan Perubahannya kelas VII, suhu dan perubahannya kelas VII, Tekanan Zat kelas VIII, zat Aditif kelas VIII, dan Sistem pernapasan manusia kelas VIII dan cahaya dan optik kelas VIII.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Wahyu Ainunnisa NPM720710386
Uncontrolled Keywords: : Etnosains, Kearifan Lokal, Ikan Asin, Sumber Belajar
Subjects: 300 – Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA
Depositing User: Anton Budi Siswoyo
Date Deposited: 18 Sep 2024 01:27
Last Modified: 18 Sep 2024 01:27
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/4079

Actions (login required)

View Item View Item