Zain, Farilla Khotimah (2024) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis Siswa smpn 2 saronggi. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
File1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (563kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
File2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (452kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
File3.pdf - Accepted Version Download (307kB) |
|
Text (BAB I)
File4.pdf - Accepted Version Download (457kB) |
|
Text (BAB II)
File5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (505kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
File6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (465kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
File7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (617kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
File8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (284kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (441kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
File10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (680kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap kel mampuan berpikir kritis siswa pada materi Bumi & Sistem Tata Surya kelas VII SMP Negeril 2 Saronggi. Penelitian ini menggunakan metode quasy eksperimen. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan tes yaitu pretest-posttest. Teknik analisis data menggunakan metode statistik parametrik untuk menguji hipotesis. Statistik parametrik yang digunakan oleh peneliti adalah uji-t sampel bebas. Uji prasyarat dari uji-t sampel bebas adalah uji homogenitas dan normalitas. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 2 Saronggi. Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tidak hanya membantu siswa untuk memahami materi pelajaran dengan lebih baik tetapi juga memperkuat kemampuan mereka dalam berpikir secara kritis dan analitis. Dapat dibuktikan dari hasil nilai rata-rata posttest eksperiment lebih besar dari pada hasil nilai rata-rata posttest kontrol yakni 82,80 > 62,40. Dapat dibuktikan juga dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t sampel bebas yakni nilai sig (2- tailed) memperoleh nilai 0,000 yang artinya nilai sig (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Farilla Khotimah Zain NPM720710381 |
Uncontrolled Keywords: | Kooperatif Tipe Jigsaw, Berpikir Kritis |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA |
Depositing User: | Anton Budi Siswoyo |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 01:27 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 01:27 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/4067 |
Actions (login required)
View Item |