Mauludi, Moh.Tasyriq (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PANDAI MENGHITUNG (PATUNG) BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas wiraraja.
Text (Cover)
file 1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (Abstrak)
file 2.pdf - Accepted Version Download (249kB) |
|
Text (Daftar Isi)
file 3.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
|
Text (BAB I)
file 4.pdf - Accepted Version Download (538kB) |
|
Text (BAB II)
file 5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (948kB) |
|
Text (BAB III)
file 6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
file 7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
file 8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
file 9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
|
Text (Lampiran)
File 10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang menyatakan bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit. Selain itu, hal ini juga disebabkan karena kurangnya pendidik dalam menggunakan media pembelajaran dan cendrung menggunakan metode ceramah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Pengembangan Media Pandai Menghitung (Patung) Berbasis Aplikasi Android Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Kelas IV Sekolah Dasar serta untuk mengetahui respon siswa kelas IV Sekolah Dasar terhadap media pandai menghitung (Patung). Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan research and development (R&D). Model yang digunakan peneliti adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implemantasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluations). Namun karena adanya keterbatasan waktu dan pada penelitian ini hanya mengembangkan media tanpa perangkat pembelajaran, maka peneliti hanya menggunakan 4 tahapan yaitu Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation). Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini berupa lembar validasi produk (validasi materi dan validasi media) dan lembar angket respon siswa. Berdasarkan basil analisis diperoleh hasil validasi materi 90% dan media 78% dengan kategori layak. Adapun hasil pengisian angket respon siswa mendapat respon positif dengan persentase 93%. Sehingga media pandai menghitung (patung) sebagai sumber dan media pembelajaran bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar. Kata Kunci : Pengembangan, Media pembelajaran, Media Pandai Menghitung (Patung)
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media pembelajaran, Media Pandai Menghitung (Patung) |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | isna wati isna |
Date Deposited: | 01 Mar 2024 04:21 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 04:21 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3213 |
Actions (login required)
View Item |