Sari, Linda (2023) Implementasi Joyful! Learning Terhadap Pembelajaran Matematika siswa kelas II SDN GUNGGUNG. Skripsi thesis, Universitas wiraraja.
Text (Cover)
File 1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (Abstrak)
File 2.pdf - Accepted Version Download (257kB) |
|
Text (daftar Isi)
File 3.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
|
Text (BAB I)
File 4.pdf - Accepted Version Download (373kB) |
|
Text (BAB II)
File 5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (634kB) |
|
Text (BAB III)
File 6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (468kB) |
|
Text (BAB IV)
File 7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (863kB) |
|
Text (BAB V)
File 8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
File 9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
|
Text (Lampiran)
File 10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (25MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Implementasi joyful! learning terhadap pembelajaran matematika siswa kelas II SDN GUNGGUNG I 2) dampak negatif dan positif joyfitll learning terhadap pembelajaran matematika siswa kelas II SDN GUNGGUNG I. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber dari penelitian ini yaitu berasal dari data primer dan data sekunder, data primer terdiri dari hasil obsevasi dan wawancara pada siswa dan guru kelas 2 sedangkan data sekunder terdiri dari data dokumentasi SON GUNGGUNG 1. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan instrumen penelitian yaitu lembar observasi, lembar wawancara dan lembar dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini menggunakan 3 analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pengujian kreadibilitas data dari penelitian yaitu menggunakan triangulasi diantaranya waktu, teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan implementasi Joyful/ learning terhadap pembelajaran matematika di SDN GUNGGUNG I yaitu memberikan motivasi atau dorongan saat kegiatan pembelajaran, membuat kompetisi, memberi pujian atau apresiasi berupa hadiah bagi yang berhasil dalam belajarnya, memberi peringatan atau hukuman bagi pelanggar aturan, menggunakan media saat pembelajaran, rnembuat kegiatan belajar yang baik, rnemberi ulangan atau evaluasi, membertahukan hasil belajamya, dan rnenggunakan rnetode yang bervariasi dan unik dan dampak positif implernentasi joyful! learning yaitu suasana kclas lebih rileks dan rnenyenangkan, rnerangsang kreativitas dan aktivitas siswa serta kegiatan pembelajaran lebih bervariasi dan dampak negatif dari rnengimplernentasi joyful/ learning terhadap pernbelajaran rnatematika di SDN GUNGGUNG I yaitu kelas lebih rarnai dan susah dikendalikan serta gum harus rnempunyai kreatifitas yang tinggi agar peserta didik tidak bosan. Kata Kunci: Joyful! Learning dan Pembelajaran Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Joyful! Learning dan Pembelajaran Matematika |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | isna wati isna |
Date Deposited: | 01 Mar 2024 03:56 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 03:56 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3210 |
Actions (login required)
View Item |