Implementasi Joyful! Learning Terhadap Pembelajaran Matematika siswa kelas II SDN GUNGGUNG

Sari, Linda (2023) Implementasi Joyful! Learning Terhadap Pembelajaran Matematika siswa kelas II SDN GUNGGUNG. Skripsi thesis, Universitas wiraraja.

[img] Text (Cover)
File 1.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
File 2.pdf - Accepted Version

Download (257kB)
[img] Text (daftar Isi)
File 3.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text (BAB I)
File 4.pdf - Accepted Version

Download (373kB)
[img] Text (BAB II)
File 5.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img] Text (BAB III)
File 6.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text (BAB IV)
File 7.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)
[img] Text (BAB V)
File 8.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
File 9.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text (Lampiran)
File 10.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Implementasi joyful! learning terhadap pembelajaran matematika siswa kelas II SDN GUNGGUNG I 2) dampak negatif dan positif joyfitll learning terhadap pembelajaran matematika siswa kelas II SDN GUNGGUNG I. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber dari penelitian ini yaitu berasal dari data primer dan data sekunder, data primer terdiri dari hasil obsevasi dan wawancara pada siswa dan guru kelas 2 sedangkan data sekunder terdiri dari data dokumentasi SON GUNGGUNG 1. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan instrumen penelitian yaitu lembar observasi, lembar wawancara dan lembar dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini menggunakan 3 analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pengujian kreadibilitas data dari penelitian yaitu menggunakan triangulasi diantaranya waktu, teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan implementasi Joyful/ learning terhadap pembelajaran matematika di SDN GUNGGUNG I yaitu memberikan motivasi atau dorongan saat kegiatan pembelajaran, membuat kompetisi, memberi pujian atau apresiasi berupa hadiah bagi yang berhasil dalam belajarnya, memberi peringatan atau hukuman bagi pelanggar aturan, menggunakan media saat pembelajaran, rnembuat kegiatan belajar yang baik, rnemberi ulangan atau evaluasi, membertahukan hasil belajamya, dan rnenggunakan rnetode yang bervariasi dan unik dan dampak positif implernentasi joyful! learning yaitu suasana kclas lebih rileks dan rnenyenangkan, rnerangsang kreativitas dan aktivitas siswa serta kegiatan pembelajaran lebih bervariasi dan dampak negatif dari rnengimplernentasi joyful/ learning terhadap pernbelajaran rnatematika di SDN GUNGGUNG I yaitu kelas lebih rarnai dan susah dikendalikan serta gum harus rnempunyai kreatifitas yang tinggi agar peserta didik tidak bosan. Kata Kunci: Joyful! Learning dan Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Joyful! Learning dan Pembelajaran Matematika
Subjects: 300 – Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: isna wati isna
Date Deposited: 01 Mar 2024 03:56
Last Modified: 01 Mar 2024 03:56
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3210

Actions (login required)

View Item View Item