GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU (Studi SDN Cangkreng I Lenteng Kabupaten Sumenep)

Lubis, Muhammad Abdulloh (2023) GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU (Studi SDN Cangkreng I Lenteng Kabupaten Sumenep). Skripsi thesis, Universitas wiraraja.

[img] Text (Cover)
1-COVER-LENGKAP.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Isi)
2-DAFTAR ISI.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] Text (Abstrak)
3-ABSTRAKSI-IND-INGGRIS.pdf - Accepted Version

Download (19kB)
[img] Text (BAB I)
4-BAB-I.pdf - Accepted Version

Download (109kB)
[img] Text (BAB II)
5-BAB-II.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text (BAB III)
6-BAB-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text (BAB IV)
7-BAB-IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text (BAB V)
8-BAB-V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text (BAB VI)
9-BAB-VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
10-DAFTAR-PUSTKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text (Lampiran)
11-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kepala Sekolah merupakan seorang pejabat yang profesional dalam organisasi sekolah yang bertugas mengatur semua sumber dan bekerja sama dengan guruguru dalam mendidik siswa untuk mencapai tujuan pendidikan. SD Negeri Cangkreng I Kecamatan Lenteng. Menjalankan kegiatannya SD Cangkreng I berada di bawah naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini Bagaimana Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di SDN Cangkreng I Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep, sedangkan tujuan penelitian Untuk Mengetahui Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di SDN Cangkreng I Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep. Metode penelitian deskreptif kualitatif, dengan fokus penelitian yaitu 1) Memiliki visi, 2) Kemampuan Mengambil Keputusan, 3) Kemampuan Memotivasi, 4) Kemampuan Mengendalikan Bawahan dan 5) Tanggungjawab. Subjek penelitian ini informan kunci, utama dan pendukung, teknik pengumpulan data interview, observasi dan dokumentasi, dengan analisa data dengan pendekatan reduksi data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan gaya kepemimpinan Kepala Sekolah SDN Cangkreng 1 Lenteng baik, telah mampu dalam mengembangkan pendidikan dan sekolah sesuai dengan visi dan misi yang dilakukan, sehingga keberadaan sekolah dan guru menjadi lebih baik, terutama dalam kedisiplinan guru yang menunjukkan profesionalitas tinggi, yaitu 1) Kepala Sekolah SDN Cangkreng I Lenteng memiliki visi dan misi yang tepat, dimana Kepal Sekolah memiliki gagasan untuk menjadi sekolah yang maju dan berprestasi sesuai visi dan misinya, 2) Kepala Sekolah SDN Cangkreng I Lenten mempunyai kebernaian dalam mengambil keputusan yang tepat dalam peningkatan kemajuan sekolah, peningkatan disiplin guru , 3) Kepala Sekolah SDN Cangkreng 1 Lenteng senantiasa menunjukkan kemampuannya memberikan memotivasi menggerakkan guru tentang kedisiplinan kerja, 4) Kepala Sekolah SDN Cangkreng I Lenteng mampu mengendalikan keadaan di sekolah untuk bisa berkembang dan maju dari segi pendidikan siswa maupun lingkungan sekolah, 5) Kepala Sekolah SDN Cangkreng I Lenteng memiliki rasa tanggung jawab kepada bawahan terutama pada kegiatan pembelajaran di sekolah, kewajiban memotivasi guru agar berkinerja tinggi. Kata kunci : Visi, Motivasi, Tanggungjawab, Kedisiplinan dan Kepal Sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 – Social sciences > 350 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Depositing User: isna wati isna
Date Deposited: 07 Dec 2023 03:59
Last Modified: 07 Dec 2023 03:59
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3078

Actions (login required)

View Item View Item