RAHMAN, MIFTAHOR (2022) PENGEMBANGAN E-GOVERNMENT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI MASA PANDEMI (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumenep). Skripsi thesis, Universitas Wiraraja Madura.
Text (Abstrak)
abstrakCOVER DEPAN.pdf Download (183kB) |
|
Text (bab1)
BAB I.pdf Download (419kB) |
Abstract
Penerapan E-Government melalui website simponi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumenep mulai dioperasikan pada bulan Juli tahun 2020 dan masih dioperasikan sampai tahun 2022 saat ini. Website simponi merupakan sebuah hasil inovasi dari Bapak Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumenep yang dilatar belakangi untuk memudahkan masyarakat Kabupaten Sumenep dalam mendapatkan pelayanan dokumen kependudukan mengingat wilayah Kabupaten Sumenep terdiri dari banyak kepulauan agar lebih efektif dan efisien serta juga untuk mendukung pemerintah Kabupaten Sumenep dalam meminimalisir tingkat penyebaran Covid-19 di awal tahun 2020. Dalam penyusunan penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dimana penelitian kualitatif dilakukan berdasarkan pada objek yang berkembang apa adanya. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukan elemen pertama Support (Dukungan) adalah adanya dukungan dari pemerintah terkait penerapan website simponi dari beberapa OPD yang ada di Kabupaten Sumenep, dan adanya sosialisasi yang telah dilakukan melalui media sosial serta melalui siaran Radio RRI. Dalam elemen kedua yaitu Capacity (Kemampuan) adalah adanya ketersediaan infrastruktur yang sudah disiapkan oleh Bupati Sumenep, adanya kemampuan yang dimiliki para operator website simponi dalam melayani masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan dokumen kependudukan. Dan untuk elemen yang terakhir adalah Value (Nilai dan Manfaat) yakni adanya nilai dan manfaat yang dapat dirasakan oleh para operator simponi dan para staf pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumenep serta kepada Masyarakat Kabupaten Sumenep dan dapat meningkatkan hubungan antara masyarakat dan pemerintah Kabupaten Sumenep. Kata Kunci : E-Government, Website, dan Kualitas Pelayanan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 – Social sciences > 350 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara |
Depositing User: | Anisa Zulfa Nurfaizah |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 02:58 |
Last Modified: | 28 Oct 2022 02:58 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2431 |
Actions (login required)
View Item |