HIDAYAT, ARRIVAL (2022) INOVASI DESA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Studi Di Desa Lobuk Kecamatan Bluto). Skripsi thesis, Universitas wiraraja Madura.
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB I)
Bab 1.pdf Download (354kB) |
Abstract
Pentingnya inovasi pada pemerintahan lokal di Indonesia itu mulai menjadikan perhatian saat terjadinya pergeseran dalam system pemerintahan dari sentralisasi ke desentralisasi. Dimana desentralisasi dimaknai sebagai penyerahan kewenangan dan tanggung jawab atas fungsi publik dari pemerintahan pusat ke pemerintahan daerah. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini Bagaimana Inovasi Desa dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik, sedangkan tujuan penelitian Untuk Mengetahui Bagaimana Inovasi Desa dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. Metode penelitian deskreptif kualitatif. Teknik pengumpulan data interview, observasi dan dokumentasi, dengan analisa data dengan pendekatan reduksi data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan inovatif pelayanan administrasi umum pada Pemerintah Desa Lobuk telah dapat menunjukkan adanya pelayanan berbasis online yang baik, terlihat masyarakat desa antusia dalam melakukan jasa pelayanan administrasi dengan menggunakan aplikasi Balada. Strategi pengembangan pelayanan administrasi umum Desa Lobuk mampu dalam menerapkan strategi manajemennya dengan tatanan administrasi yang baik, yaitu 1) Keunggulan relatif dari poenggunaan aplikasi Balada dalam pemberian pelayanan administrasi umum sangat unggul dengan desa lainnya yang masih belum menunjukkan inovasi pelayanan publik, dimana keakuratan dan kecepatan pelayanan telah terbukti memberikan kenyamanan bagi masyarakat desa. 2) Kompatibilitas dari inovatif Aplikasi Balada dalam memberikan pelayanan dan penataan administrasi umum di Desa Lobuk sangat kompatibel, artinya semua bentuk pelayanan administrasi dapat terakses dalam aplikasi Balada ini yang menjadi ciri khas yang menjadi pembeda dengan desa yang lain 3) Kerumitan dalam pelayanan administrasi dengan menggunakan aplikasi Balada yang dipunyai Pemerintah Desa Lobuk menunjukkan kerumitan dalam membuka aplikasi saat pertama kali, namun setelah tahu maka akan secara gampang dalam melakukan pelayanan administrasi melalui Balada dan membuatnya masyarakat lebih banyak mengunakan pelayanan administrasi Balada, 4) Kemampuan dalam uji coba aplikasi Balada telah sangat teruji dalam memberikan pelayanan administrasi secara online, dimana prosesnya cepat dan akurasi dataanya tepat serta kekuatan aplikasi mampu memuat semua permintaan pelayanan administrasi secara bersamaan, dan 5) Kemampuan untuk dimati dalam penggunaan pelayanan administrasi dengan Balada sebagai inovasi pengadministrasian dapat bekerja dan menghasilkan sebuah administrasi yang lebih baik yaitu penataan administrasi yang valid dan cepat serta pelayanan administrasi cepat selesai. Kata kunci : Inovasi, Pelayanan, Administrasi dan Desa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 – Social sciences > 350 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara |
Depositing User: | isna wati isna |
Date Deposited: | 27 Oct 2022 04:21 |
Last Modified: | 27 Oct 2022 04:21 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2424 |
Actions (login required)
View Item |