Rahman, Taufikur (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI TERSTRUKTUR BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (Abstrak)
CD2.pdf Download (125kB) |
|
Text (Bab I)
CD4.pdf Download (173kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan keterampilan proses sains siswa setelah menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan LKS dan inkuiri terstruktur berbantuan LKS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi exsperimental research).Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini kelas eksperimen 1 (penerapan inkuiri terbimbing berbantuan LKS) dan eksperimen 2 (penerapan inkuiri terstruktur berbantuan LKS) Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes dan lembar observasi, teknik pengolahan data menggunakan statistik uji-t dan uji wilcoxon. Berdasarkan hasil uji normalitas data diperoleh bahwa data keduanya normal. Dari hasil uji-t keterampilan proses sains memiliki nilai signifikansi 0,04<0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha terima artinya ada perbedaan keterampilan proses sains siswa antara penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan LKS dan inkuiri terstruktur berbantuan LKS. Sedangkan hasil uji wilcoxon diperoleh nilai signifikansi 0,01<0,05 sehinggaHo ditolak dan terima Ha artinya ada peningkatan keterampilan proses sains siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan LKS dan inkuiri terstruktur berbantuan LKS Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Inkuiri Terstruktur, LKS, Keterampilan Proses Sains
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 – Science > 500 Natural Science and Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA |
Depositing User: | Anisa ZN |
Date Deposited: | 24 Nov 2021 06:46 |
Last Modified: | 24 Nov 2021 06:46 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1593 |
Actions (login required)
View Item |