Khairunnisa, Riska (2016) Hubungan Antara Motivasi Belajar, Pengetahuan Awal, dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Structural Equation Modeling Second Order. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
|
Text (Abstrak)
Riska Khairunnisa 712.7.1.0182.Image.Marked.pdf Download (941kB) | Preview |
Abstract
Kurangnya motivasi dari orang tua maupun dari guru berakibat rendahnya pengetahuan awal dan hasil belajar siswa. Maka dari itu perlu dilakukan sebuah penelitian untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar, pengetahuan awal dan hasil belajar. Salah satu teknik untuk menganalisis pengaruh dari ketiga variabel tersebut yaitu dengan menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling Second Order. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar, pengetahuan awal, dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Metode pengambilan data menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian pada pengetahuan awal dan hasil belajar menggunakan instrumen tes dan motivasi belajar menggunakan instrumen non tes (angket). Hasil penelitian yang diperoleh adalah pengetahuan awal mempengaruhi motivasi belajar sebesar 55.9%, pengetahuan awal mempengaruhi hasil belajar sebesar 47%, dan motivasi belajar tidak mempengaruhi hasil belajar. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Pengetahuan Awal, Hasil Belajar, SEM dan Second Order
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 – Science > 500 Natural Science and Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA |
Depositing User: | Anisa ZN |
Date Deposited: | 25 Jun 2020 02:47 |
Last Modified: | 25 Jun 2020 02:47 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1086 |
Actions (login required)
View Item |