Pengembangan Majalah Bobo Sains Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Minat Baca dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Di SMPN 1 Gapura.

Nurwulansari, Ranita Irsa (2016) Pengembangan Majalah Bobo Sains Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Minat Baca dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Di SMPN 1 Gapura. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Ranita Irsa Nurwulansari 712.7.1.0180.Image.Marked.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya Biologi tidak terlepas dari media dan bahan ajar, tujuan pembelajaran Biologi adalah agar siswa dapat memahami, menemukan dan menjelaskan konsep-konsep, prinsip-prinsip dalam Biologi. Tujuan tersebut akan tercapai salah satunya dengan adanya minat baca namun permasalahan yang ada minat baca siswa terhadap buku pelajaran rendah sehingga menyebabkan prestasi belajar siswa juga rendah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (1) mengetahui kelayakan majalah bobo sains sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPA (2) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan majalah bobo Sains sebagai sumber belajar mata pelajaran IPA, dan (3) mengetahui bagaimana minat membaca siswa Gapura dengan menggunakan majalah bobo sains sebagai sumber belajar. Desain penelitian ini pada tahap simulasi menggunakan one group pretest-posttest dengan subjek sebanyak 10 orang kelas VIII dan pada uji coba pemakaian produk memakai pretest-posttes control group comparison dengan subjek sebanyak 35 siswa untuk kelas kontrol dan 35 siswa untuk kelas eksperimen. Hasil penelitian ini adalah (1) majalah bobo sains yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar dilihat dari hasil validasi ahli yaitu 83% dengan kategori layak, (2) keterlakasanaan selama proses pembelajaran antara kelas kontrol dan kelas eksperimen kesesuaian antar pengamat yaitu sama sebesar 100% dapat dipercaya, (3) terdapat perbedaan minat baca siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan angket respon yaitu lebih tinggi kelas eksperimen, dan (4) terdapat perbedaan prestasi belajar pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dan perbedaan tersebut sebesar 44%. Hal ini menunjukkan bahwa majalah bobo sains mampu meningkatkan minat baca dan prestasi belajar IPA kelas VII di SMPN 1 Gapura. Kata kunci : Majalah, minat baca dan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 – Science > 500 Natural Science and Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA
Depositing User: Anisa ZN
Date Deposited: 25 Jun 2020 02:43
Last Modified: 25 Jun 2020 02:43
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1085

Actions (login required)

View Item View Item