Prawitasari, Kuku Inda (2016) Pengembangan Petunjuk Praktikum Berbasis Inkuiri Terhadap Berpikir Kritis Siswa Kelas VII di MTs Sayyid Yusuf Talango. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
|
Text (Abstrak)
Kuku Inda Prawitasari 712.7.1.0173.Image.Marked.pdf Download (151kB) | Preview |
Abstract
Bahan ajar diperlukan untuk menunjang pembelajaran IPA dalam meningkatkan berpikir kritis siswa MTs. Salah satu alternatif melalui pengembangan petunjuk praktikum berbasis inkuiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui kelayakan petunjuk praktikum berbasis inkuiri; (2) keterlaksanaan pembelajaran; (3) berpikir kritis siswa; dan (4) respon siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Sayyid Yusuf Talango kelas VII sebanyak 31 siswa, jenis penelitian Research and Development (R&D) yang mengadaptasi dari Sugiyono. Teknik analisis data pada: (1) kelayakan petunjuk praktikum diperoleh menggunakan persentase keidealan petunjuk praktikum berbasis inkuiri dan hasil angket respon siswa; (2) keterlaksanaan pembelajaran diperoleh menggunakan persentase keterlaksanaan; sedangkan (3) untuk berpikir kritis diperoleh menggunakan uji t sampel berpasangan. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu: (1) kelayakan petunjuk praktikum berbasis sebesar 87,5% termasuk dalam kategori layak untuk digunakan; (2) keterlaksanaan pembelajaran yang dihasilkan sebesar 92,5% termasuk dalam kategori sangat baik; (3) hasil uji t sampel berpasangan sebesar 0.000 menyatakan ada perbedaan berpikir kritis siswa; (4) Respon siswa sebesar 96,5% termasuk dalam kategori sangat baik. Kata Kunci: Inkuiri, petunjuk praktikum, berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 – Science > 500 Natural Science and Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA |
Depositing User: | Anisa ZN |
Date Deposited: | 24 Jun 2020 07:48 |
Last Modified: | 24 Jun 2020 07:48 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1079 |
Actions (login required)
View Item |