Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instructrion (PBI) Terhadap Keterampilan Proses Dasar Siswa Kelas VIII MTs. At-Taufiqiyah.

Rijal, Ainur (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instructrion (PBI) Terhadap Keterampilan Proses Dasar Siswa Kelas VIII MTs. At-Taufiqiyah. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Ainur Rijal 712.7.1.0158.Image.Marked.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

Pelajaran IPA merupakan salah satu pembelajaran yang sangat berkaitan dengan perilaku yang ada dalam kehidupan sehari-hari, dengan tujuan yang ingin di peroleh dari pelajaran IPA yaitu untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat diidentifikasikan. Pada penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan model pembelajaran Problem Based Instructrion (PBI) terhadap siswa kelas VIII Mts At-Taufiqiyah, (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Instructrion (PBI) terhadap keterampilan proses dasar siswa kelas VIII Mts At-Taufiqiyah, (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil tes keterampilan proses dasar siswa kelas VIII Mts At-Taufiqiyah menggunakan Problem Based Instructrion (PBI). Penelitian ini di laksanakan di MTs. At-Taufiqiyah pada Kelas VIII tahun 2016 jenis pendekatan Kuantitatif dengan rancangan penelitian menggunakan Quasi Experimental Design menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Pengumpulan data di lakukan dengan instrumen tes dan non tes. Adapun hasil keterlaksanaan model pembeljaran Problem Based Instructrion ialah 98% pada pertemuan 1 dan 99% pada pertemuan 2 dengan kategori sangat baik. Pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Instructrion (PBI) terhdap keterampilan proses dasar menggunakan uji beda Paired Sampels Test pada soal PostTest dengan nilai signifikansi 0,000 dan uji Mann-Whitney pada non tes menunjukkan nilai signifikansi 0,001 yang menunjukkan terdapat pengaruh. Sedangkan untuk mengatuhi adakah peningkatan tes keterampilan proses dasar menggunakan Problem Based Instructrion (PBI), diuji menggunakan uji independent Samples Test pada nilai Gain Score PreTest dan PostTest dengan nilai signifikas 0.000 yang menunjukan bahwa ada perbedaan hasil tes keterampilan proses dasar. Kata kunci: Pengaruh, Problem Based Instructrion, Ketrampilan Proses Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 – Science > 500 Natural Science and Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA
Depositing User: Anisa ZN
Date Deposited: 24 Jun 2020 04:41
Last Modified: 24 Jun 2020 04:41
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1056

Actions (login required)

View Item View Item