Pengaruh Motivasi, Kualitas Dosen Pengajar, dan Minat Belajar terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa

Rahmad, Rahmad (2017) Pengaruh Motivasi, Kualitas Dosen Pengajar, dan Minat Belajar terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
RAHMAD 712.2.2.0588.Image.Marked.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Mahasiswa adalah status yang disandang oleh seseorang karena hubungannya dengan perguruan tinggi yang diharapkan dapat menjadi caloncalon intelektual. Atau bisa juga definisi Mahasiswa adalah orang yang menuntut ilmu atau belajar di Perguruan Tinggi, baik itu di Universitas, Institut ataupun Akademi. Mereka ialah orang-orang yang terdaftar sebagai murid di suatu perguruan tinggi dapat disebut dengan Mahasiswa. Secara lebih singkatnya Mahasiswa yaitu suatu kelompok dalam Masyarakat yang memperoleh statusnya karena ikatan dengan Perguruan Tinggi, Universitas, Institut ataupun Akademi. Mahasiswa Akuntansi Universitas Wiraraja adalahmahasiswa yang mengambiljurusanakuntansi,merekadatangdaridaerah-daerah yang adadi Sumenep dan jugameliputikepulauansertaada yang dariluarKotaKabupatenSumenep. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Motivasi, Kualitas dosen pengajar, dan Minat belajar terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Universitas Wiraraja Sunenep. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner dan dari data Mahasiswa. Responden penelitian ini sebanyak 204 Mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh Motivasi, Kualitas dosen pengajar, dan Minat belajar terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Universitas Wiraraja Sunenep yang telah dibahas dengan perhitungan-perhitungan statistik yang dilakukan, maka penulis menarik kesimpulan sebagai berikut : Dari hasil analisis diperoleh persamaan regresi berganda sebagai berikut : Y = 1,375+0,024X1+0,026X2+0,023X3, semua variabel motivasi, kualitas dosen pengajar, dan minat belajar berpengaruh terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa dan nilainya positif. Dari hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) = 0,752 Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 75,2% Indeks Prestasi dapat dijelaskan oleh variabel (motivasi belajar, Kualitas Dosen dan minat belajar), sedangkan sisanya (100% - 75,2% = 24,8%) dijelaskan faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Kata kunci: Motivasi, Kualitas Dosen Pengajar, dan Minat Belajar pada Indeks Prestasi Mahasiswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 – Technology > 650 Management & Public Relations > 657 - Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: isna wati isna
Date Deposited: 22 Jun 2020 03:22
Last Modified: 24 Nov 2022 07:44
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/964

Actions (login required)

View Item View Item