Sasriyani, Sasriyani (2016) STRATEGI PEMBERDAYAAN DAN PENGEMBANGAN UKM BUNGA ANGGREK KECAMATAN SARONGGI DI KABUPATEN SUMENEP (Studi Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sumenep). Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
|
Text (Abstrak)
SITTI MAGHFIRA.Image.Marked.pdf Download (63kB) | Preview |
Abstract
UKM Bunga Anggrek merupakan usaha kecil menengah yang telah berhasil mengelola potensi yang ada di daerahnya yaitu jagung sebagai hasil pertanian yang banyak dihasilkan di daerahnya. Akan tetapi dengan keberhasilannya UKM Bunga Anggrek memiliki permasalahan. Dalam menghadapi permasalahan yang harus dihadapi oleh Usaha Kecil Menengah (UKM), usaha kecil menengah tidak dapat menghadapinya secara sendirian karena Usaha Kecil Menengah (UKM) hanya terdiri dari sumber daya manusia dengan segala keterbatasan yang dimilikinya baik dari segi pendidikan dan produktivitas yang rendah, lemahnya teknologi dan keahlian yang dimiliki dalam pengelolaan berbagai macam hal, serta sumber modal dengan serba keterbatasan. Berdasarkan latar belakang permasalahan dan rumusan masalah maka tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Strategi Pemberdayaan Dan Pengembangan UKM Bunga Anggrek Kecamatan Saronggi di Kabupaten Sumenep oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sumenep. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode yang diantaranya : 1) Fokus Penelitian 2) Lokasi Penelitian 3) Sumber Data yang terdiri dari data primer dan data sekunder 4) Instrumen Penelitian 5) Subjek Penelitian 6)Teknik Pengumpulan Data yang terdiri dari teknik wawancara, teknik observasi, dan dokumentasi 7) Teknik Analisa Data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan 8) Keabsahan Data yang meliputi credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reabilitas), dan confirmability (obyektifitas). Hasil penelitian tersebut diantaranya : 1) Memberdayakan masyarakat dengan mensosialisasikan peran masyarakat sebagai subyek. Pada aspek ini telah dilakukan, yang terlihat dari dampak setelah dilakukannya sosialisasi tersebut masyarakat memiliki inisiatif untuk terus dapat mengembangkan produknya yang berbahan dasar potensi lokal yang lainnya. 2) Pemberdayaan masyarakat secara aspiratif, demokratif, efektif dan efisien. Yaitu adanya partisipasi dari UKM tentang kebutuhannya terhadap pihak yang memberdayakan. 3) Mobilisasi sumberdaya manusia seperti tenaga, pikiran dan kemampuan sesuai dengan profesionalismenya yang berupa pengerahan secara langsung tentang permasalahan sumber daya manusia, seperti pelatihan, dan temu antar UKM dalam rangka peningkatan sumber daya manusia dan pengembangan usaha. 4) Memaksimalkan peran pemerintah, yang berupa pemenuhan kebutuhan UKM yang diantaranya : Memfasilitasi ke Dinas Kesehatan masalah SPP-IRT, pemasaran regional dan nasional, dan Hak merek yang di daftarkan ke Menteri Hukum dan HAM. Keywords : Strategi, Pemberdayaan, Pengembangan, UKM.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 – Social sciences > 350 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara |
Depositing User: | Anisa Zulfa Nurfaizah |
Date Deposited: | 16 Jun 2020 08:27 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 02:47 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/693 |
Actions (login required)
View Item |