Rakhman, Syaiful (2017) PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI UPT SMA NEGERI 1 AMBUNTEN. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
|
Text (abstrak)
SYAIFUL RAKHMAN.pdf Download (105kB) | Preview |
Abstract
Otonomi pendidikan merupakan suatu bentuk reformasi yang perlu dijalankan dengan baik. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) merupakan suatu konsep yang menawarkan otonomi pada sekolah untuk menentukan kebijakan sekolah dalam rangka meningkatkan mutu, efisiensi dan pemerataan pendidikan agar dapat mengakomodasi keinginan masyarakat setempat serta menjalin kerja sama yang erat antara sekolah, masyarakat dan pemerintah. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah Bagaimanakah Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMAN 1 Ambunten Sumenep, sedangkan tujuan penelitian untuk mengetahui Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMAN 1 Ambunten Sumenep. Fokus penelitian yaitu 1) Perencanaan 2) Pengorganisasian 3) Motivasi, 4) Mengendalikan dan 5) Evaluasi. Subjek penelitian ini informan kunci, utama dan pendukung, teknik pengumpulan data interview, observasi dan dokumentasi, dengan analisa data dengan pendekatan reduksi data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan Peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di SMA Negeri 1 Ambunten telah tertata dengan baik dan tepat, sesuai dengan kebijakan nasional yang menjadi prioritas pemerintah telah dilakukan oleh sekolah. Pada sistem Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), dimulai dari perencanaan baik data mampu anggaran sekolah, pengorganisasian pelaksana MBS, motivasi dalam pelaksanaan MBS dan mengenadalikan kegiatan serta memberikan evaluasi dalam pelaksanaan MBS, kesemua ini sekolah dituntut secara mandiri menggali, mengalokasikan, menentukan prioritas, mengendalikan, dan mempertanggung jawabkan pemberdayaan sumber-sumber, baik kepada masyarakat maupun pemerintah. Kesimpulan menunjukkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), di SMA Negeri 1 Ambunten telah tertata dengan baik dan tepat, sesuai dengan kebijakan nasional yang menjadi prioritas pemerintah sebagai pemberdayaan sumber-sumber sekolah,.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 – Social sciences > 350 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara |
Depositing User: | Anisa Zulfa Nurfaizah |
Date Deposited: | 16 Jun 2020 08:13 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 04:33 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/689 |
Actions (login required)
View Item |