Kusyandi, Kusyandi (2016) Kinerja Pengelola Terminal dalam Penertiban Mobil Angkutan Umum (Studi di UPT Terminal Bangkal Kabupaten Sumenep). Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
|
Text (Abstrak)
KUSYANDI.Image.Marked.pdf Download (76kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya mobil angkutan umum yang parkir diluar terminal, memulai dan mengakhiri perjalanannya diluar terminal yang sudah disediakan oleh pemerintah daerah. padahal pada dasarnya terminal merupakan tempat memulai dan mengakhirinya mobil angkutan umum, dan menurut peraturan menteri perhubungan No. PM 132 tahun 2015 pasal 1 ayat 2, terminal adalah pangkalan kendaraan bermotor umum yang digunakan untuk mengatur kedatangan dan keberangkatan, menaikkan dan menurunkan orang atau barang, serta perpindahan moda angkutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kinerja Pengelola UPT Terminal Bangkal dalam Penertiban Mobil Angkutan Umum di Kabupaten Sumenep, sehingga program yang diselenggarakan Oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Sumenep dapat diketahui ketercapaiannya. Dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh sub terminal Bangkal dalam penertiban mobil angkutan umum yang ada diluar terminal bangkal baik yang berbentuk struktural dan non struktural tersebut diharapkan seluruh supir angkutan umum agar mentaati peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah Daerah. adapun PERDA kabupaten Sumenep Nomor 6 tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pada bab XI tentang Pengguna Terminal Pasal 51 dijelaskan bahwa Setiap kendaraan bermotor angkutan umum yang mencantumkan kabupaten didalam izin trayeknya diwajibkan memasuki terminal yang telah ditetapkan dan setiap kendaraan bermotor angkutan umum yang memasuki terminal, harus mentaati tata tertib terminal yang telah ditetapkan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil Penelitian, analisis, dan pembahasan yang telah disampaikan, maka dapat disimpulkan bahwa SubTerminal Bangkal sebagai terminal yang bertipe C yang belum mamadai dalam melaksakan tugasnya secara optimal. Hal ini ditandai dengan terbengkalainya sebagian besar tugas yang diberikan dan hanya terfokus pada upaya penarikan retribusi saja. Masih ditemukannya sebagian besar angkutan umum yang parkir dipinggir jalan menunjukkan kurangnya petugas dalam memberikan arahan yang baik pada sopir angkutan umum. Kurang optimalnya petugas dalam menjalankan tugasnya dapat dilihat dari berbagai indikator antara lain : Memiliki pengetahuan, Memiliki keterampilan, Memiliki kemampuan, dan Karakteristik kepribadian. Maka dari itu apabila ke empat indikator benar-benar dijalankan dan dilaksanakan dengan baik oleh para pegawai supaya masyarakat dapat terlayani dengan puas dan membuahkan hasil yang positif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 – Social sciences > 350 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara |
Depositing User: | Anisa Zulfa Nurfaizah |
Date Deposited: | 16 Jun 2020 03:11 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 03:24 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/623 |
Actions (login required)
View Item |