STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN WISATAWAN MUSEUM KERATON KABUPATEN SUMENEP (STUDI DINAS KEBUDAYAAN, PARIWISATA, PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN SUMENEP)

Fuadi, Ahmad Hamdan (2016) STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN WISATAWAN MUSEUM KERATON KABUPATEN SUMENEP (STUDI DINAS KEBUDAYAAN, PARIWISATA, PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN SUMENEP). Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pariwisata yang ada di Kabupaten Sumenep tidak hanya sebatas tempattempat menarik, dan indah untuk dikunjungi namun juga merupakan tempat yang mengandung nilai-nilai pendidikan yakni Pendidikan sejarah sepertiWisata Museum keraton yang merupakan wisata tertua di Kabupaten Sumenep yang juga patut untuk dikunjungi para wisnu (wisatawan nusantara) maupun wisman (wisatawan mancanegara). Jumlah wisatawan setiap tahunnya akan meningkat apabila didukung dengan adanya upaya promosi yang tepat. Sehingga untuk memaksimalkan upaya promosi wisata museum keraton diperlukan startegi tertentu yang efektif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui Strategi Promosi dalam meningkatkan wisatawan museum keratin Kabupaten Sumenep (Studi Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Sumenep). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi dengan empat fokus penelitian yakni inovasi, diferensiasi pasar, jangkauan dan pengendalian biaya.Teknik analisa data yang digunakan adalah Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji credibility, transferability, dependability dan confirmability. Hasil Penelitian menunjukan bahwa dalam mempromosikan wisata Museum keratin Sumenep telah cukup baik dan efektif yang dibuktikan dengan adanya jumlah wisatawan baik wisnu maupun wisman yang meningkat pada tahun 2015. Hal tersebut berkat inovasi yang dilakukan, kemudian juga didukung adanya diferensiasi pasar dan penetapan jangkauan yang tepat serat pengendalian biaya yang dilakuakan telah sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan harapan pengunjung museum keraton. Keyword : Strategi, Promosi, Wisatawan, Museum

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 – Social sciences > 350 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Depositing User: Anisa Zulfa Nurfaizah
Date Deposited: 12 Jun 2020 07:02
Last Modified: 13 Jan 2023 03:01
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/467

Actions (login required)

View Item View Item