Citra, Fitria (2024) Inklusi Kesadaran Pajak Pada Mata Kuliah Kewarganegaraan (Studi Kasus Universitas Wiraraja). Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
File 1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (797kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
File 2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (105kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
File 3.pdf - Accepted Version Download (50kB) |
|
Text (BAB1)
File 4.pdf - Accepted Version Download (192kB) |
|
Text (BAB2)
File 5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (401kB) | Request a copy |
|
Text (BAB3)
File 6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (135kB) | Request a copy |
|
Text (BAB4)
File 7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (467kB) | Request a copy |
|
Text (BAB5)
File 8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File 9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (122kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
File 10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (450kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menegatahui bagaimana penerapan inklusi kesadaran pajak pada perguruan tinggi pada mata kuliah kewarganegaraan di Universitas Wiraraja. Mengingat pentingnya peran pajak dalam pembangunan negara, kesadaran pajak perlu ditanamkan sejak dini terutama dikalangan mahasiswa yang akan menjadi agen perubahan di kalangan masyarakat. Dalam konteks pendidikan kewarganegaraan, pengenalan konsep pajak dapat dimulai dengan pemahaman dasar tentang fungsi dan pentingnya pajak dalam negara. Dari perspektif kesadaran pajak, memahami materi kewarganegaraan dapat memberikan landasan yang kuat untuk memahami tanggung jawab dan kewajiban warga negara terhadap pembangunan negara. Program inklusi kesadaran pajak adalah program yang dirancangkan oleh Direktorat Jenderal Pajak yang bekerja sama dengan lembaga pendidikan, memiliki tujuan untuk menyematkan dan meningkatkan integrasi kesadaran pajak sejak dini melalui kurikulum pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kulaitatif. Data diperoleh dari proses wawancara yang melibatkan dosen mata kuliah kewarganegaraan dan mahasiswa semester 4 dan 6 yang telah menempuh mata kuliah kewarganegaraan dan memilih pemfoksan pajak. Hasil penelitian memberikan dampak yang positif bagi mahasiswa. Meskipun materi perpajakan dalam mata kuliah kewarganegaraan membantu mahasiswa memahami pentingnya pajak, materi ini tidak berperan besar dalam mendorong mahasiswa untuk memilih karir di bidang perpajakan, pengalaman praktis dan keterlibatan dalam kegiatan yang terkait dengan perpajakan lebih banyak mempengaruhi keputusan tersebut. Kata Kunci: Inklusi, Kesadaran Pajak, Mata Kuliah Kewarganegaraan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Fitria Citra NPM720221439 |
Uncontrolled Keywords: | Inklusi, Kesadaran Pajak, Mata Kuliah Kewarganegaraan |
Subjects: | 600 – Technology > 650 Management & Public Relations > 657 - Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Fitria Citra |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 04:02 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 04:02 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/4355 |
Actions (login required)
View Item |