Analisis Perancangan Ui/Ux Design Dalam Prototype Smart Unija Berbasis Web Untuk Mahasiswa Universitas Wiraraja Dengan Metode Heuristic Evaluation Menggunakan Tools Figma

Puspita, Dinda (2024) Analisis Perancangan Ui/Ux Design Dalam Prototype Smart Unija Berbasis Web Untuk Mahasiswa Universitas Wiraraja Dengan Metode Heuristic Evaluation Menggunakan Tools Figma. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img] Text (COVER)
FILE 1.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (967kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version

Download (227kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (346kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (670kB) | Request a copy

Abstract

Aplikasi Smart Unija adalah aplikasi berbasis web yang digunakan untuk mengelola data akademik dan administrasi mahasiswa di Universitas Wiraraja. Penelitian ini bertujuan untuk merancang user interface dan user experience (UI/UX design) dalam prototype Smart Unija berbasis web untuk mahasiswa Universitas Wiraraja. Pengembangan dilakukan untuk mengevaluasi dan mengidentifikasi masalah pada prototype aplikasi Smart Unija menggunakan tools figma agar dapat disempurnakan sebelum dikembangkan lebih lanjut. Smart Unija dirancang untuk memudahkan akses informasi, layanan akademik dan non-akademik bagi mahasiswa. Metode heuristic evaluation dilakukan untuk mengevaluasi prototype yang dirancang berdasarkan prinsip-prinsip metode heuristic evaluation. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan kuisioner sesuai dengan 10 prinsip penilaian heuristic evaluation serta menggunakan skala likert untuk pengolahan data yang didapat dari penyebaran kuesioner kepada mahasiswa Universitas Wiraraja. Sehingga dapat disimpulkan bahwa 10 indikator variable dari metode heuristic evaluation yang dibahas terdapat sekelompok kekurangan yang harus diperbaiki dan menghasilkan jumlah data dari kuisioner pertama (tampilan lama) dengan hasil data 227 indikator responden setelah penulis memberikan rekomendasi desain tampilan baru untuk aplikasi Smart Unija dengan menggunakan tools figma mendapatkan jumlah hasil data 102 indikator responden. Hasil analisis penelitian ini menggunakan metode heuristis evaluation tampilan lama menghasilkan nilai 44,21, sedangkan tampilan baru menghasilkan nilai 2,32. Nilai indikator yang lebih sedikit yang mempengaruhi meningkatnya kualitas tampilan untuk aplikasi smart unija sesuai dengan kebutuhan mahasiswa Universitas Wiraraja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dinda Puspita NMP720520016
Uncontrolled Keywords: Smart Unija, user interface dan user experience design (UI/UX), metode heuristic evaluation, prototype.
Subjects: 000 - Computer science, information & general works > 000 Computer science, knowledge & systems > 005 Computer programming, programs & data
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Dinda Puspita
Date Deposited: 07 Aug 2024 03:25
Last Modified: 07 Aug 2024 03:25
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3813

Actions (login required)

View Item View Item