Hasanah, Sulfiatun (2024) Reformasi Pelayanan Sistem Terpadu Satu Pintu Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sumenep Melalui Pendekatan Lean Management. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
FILE 1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (963kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
FILE 2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (217kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
FILE 3.pdf - Accepted Version Download (214kB) |
|
Text (BAB 1)
FILE 4.pdf - Accepted Version Download (325kB) |
|
Text (BAB 2)
FILE 5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (468kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
FILE 6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (253kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
FILE 7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (251kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
FILE 8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (631kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6)
FILE 9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (239kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
FILE 10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (294kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
FILE 11.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (403kB) | Request a copy |
Abstract
Mal Pelayanan Publik berdiri pada tahun 2019 di Kabupaten Sumenep untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Lean Management adalah metode yang dapat mengidentifikasi pemborosan serta meningkatkan nilai pelayanan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis reformasi pelayanan MPP Kabupaten Sumenep dengan pendekatan lean management. Metode yang dugunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian yakni semua dinas di MPP Kabupaten Sumenep. Hasil penelitian menemukan bahwa dari 22 dinas di MPP hanya terdapat 10 dinas yang aktif. Berdasarkan pendekatan lean management diperoleh hasil bahwa pada pihak MPP beserta 10 dinas yang aktif telah melayani masyarakat sesuai dengan permintaan pelayanan masyarakat serta memberikan produk yang sesuai dengan permintaan pelayanan tersebut. Pihak MPP beserta dinas yang ada di dalamnya telah melakukan identifikasi pemborosan dengan melakukan evaluasi kinerja dan survei kepuasan masyarakat. Namun berdasarkan temuan tidak ditemukan pemborosan pelayanan. Hal ini dibuktikan dengan tidak adanya karyawan yang melakukan perpindahan yang tidak diperlukan dan kurang pemanfaatan. Semua dinas telah menyediakan item pelayanan dan mengecek peralatan pelayanan sebelum digunakan untuk menghindari pemborosan. Sebagian besar dinas telah melakukan pemangkasan proses pelayanan dan menerapkan sistem restrukturisasi untuk mengembangkan kinerja karyawan. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk melakukan penelitian dengan melibatkan lebih banyak masyarakat sebagai subjek penelitian. Kata Kunci: Reformasi Pelayanan, Pelayanan Publik, Lean Management
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Sulfiatun Hasanah NPM720112914 |
Uncontrolled Keywords: | Reformasi Pelayanan, Pelayanan Publik, Lean Management |
Subjects: | 300 – Social sciences > 350 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara |
Depositing User: | Sulfiatun Hasanah |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 08:14 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 08:14 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3730 |
Actions (login required)
View Item |