Kajian Sistem Pemasaran Komoditas Sayuran Segar di Akancatani Kabupaten Sumenep

Arifin, Samsul (2024) Kajian Sistem Pemasaran Komoditas Sayuran Segar di Akancatani Kabupaten Sumenep. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img] Text (COVER)
File 1.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
File 2.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
File 3.pdf - Accepted Version

Download (601kB)
[img] Text (BAB1)
File 4.pdf - Accepted Version

Download (414kB)
[img] Text (BAB2)
File 5.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (BAB3)
File 6.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text (BAB4)
File 7.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (665kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
File 8.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
File 9.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (917kB) | Request a copy

Abstract

Akancatani sebagai pedagang mampu memberikan solusi untuk memenuhi permintaan masyarakat khususnya di Madura. Dalam proses pemasarannya terdapat beberapa hambatan, seperti menjaga kualitas produk sayuran segar, metode pendistribusian dan perluasan pasar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem pemasaran komoditas sayuran segar di Akancatani Kabupaten Sumenep. Lokasi penelitian di Akancatani yang berlokasi di Jl. Mahoni No.45, Pangarangan, Kec. Kota Sumenep, Kab. Sumenep. Populasi dan sampel pada penelitian yaitu informan utama, informan kunci, dan informan pendukung. Metode pengambilan data dengan cara obsevasi dan wawancara sebagai menggali informasi yang ada di Akancatani. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui sistem pemasaran sayuran segar yang ada di Akancatani. Dari hasil penelitian ini diperoleh sistem pemasaran yang dilakukan Akancatani, Bauran pemasaran : Produk sayuran segar (selada kriting, pakcoy, cabai rawit merah, cabai rawit hijau, caisim, kangkung). Distribusi pemasaran : Saluran Pemasaran tingkat 0 (Akancatani-Konsumen) dan Tingkat 1 (Akancatani-Indomart-Konsumen). Margin pemasaran : Saluran pemasaran yang paling efisien pada saluran pemasaran tingkat 0, karena yang memiliki margin share lebih rendah dari pada saluran pemasaran tingkat 1 dan satuan produk sayuran segar yang lebih efisien adalah selada kriting dengan nilai share biaya pemasaran tingkat 0 (2%) dan tingkat 1 (20%) dan Share keuntungan tingkat 0 (98%), tingkat 1 (80%). Keywords: Sayuran Segar, Sistem Pemasaran, Bauran Pemasaran, Distribusi Pemasaran, Margin Pemasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Samsul Arifin NPM720311077
Uncontrolled Keywords: Sayuran Segar, Sistem Pemasaran, Bauran Pemasaran, Distribusi Pemasaran, Margin Pemasaran.
Subjects: 600 – Technology > 630 Agriculture, Farm, Farming
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 30 Jul 2024 03:02
Last Modified: 30 Jul 2024 03:02
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3641

Actions (login required)

View Item View Item