Arifin, Samsul (2024) Kajian Sistem Pemasaran Komoditas Sayuran Segar di Akancatani Kabupaten Sumenep. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
File 1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (209kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
File 2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (326kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
File 3.pdf - Accepted Version Download (601kB) |
|
Text (BAB1)
File 4.pdf - Accepted Version Download (414kB) |
|
Text (BAB2)
File 5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (550kB) | Request a copy |
|
Text (BAB3)
File 6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (632kB) | Request a copy |
|
Text (BAB4)
File 7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (665kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File 8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (413kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
File 9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (917kB) | Request a copy |
Abstract
Akancatani sebagai pedagang mampu memberikan solusi untuk memenuhi permintaan masyarakat khususnya di Madura. Dalam proses pemasarannya terdapat beberapa hambatan, seperti menjaga kualitas produk sayuran segar, metode pendistribusian dan perluasan pasar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem pemasaran komoditas sayuran segar di Akancatani Kabupaten Sumenep. Lokasi penelitian di Akancatani yang berlokasi di Jl. Mahoni No.45, Pangarangan, Kec. Kota Sumenep, Kab. Sumenep. Populasi dan sampel pada penelitian yaitu informan utama, informan kunci, dan informan pendukung. Metode pengambilan data dengan cara obsevasi dan wawancara sebagai menggali informasi yang ada di Akancatani. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui sistem pemasaran sayuran segar yang ada di Akancatani. Dari hasil penelitian ini diperoleh sistem pemasaran yang dilakukan Akancatani, Bauran pemasaran : Produk sayuran segar (selada kriting, pakcoy, cabai rawit merah, cabai rawit hijau, caisim, kangkung). Distribusi pemasaran : Saluran Pemasaran tingkat 0 (Akancatani-Konsumen) dan Tingkat 1 (Akancatani-Indomart-Konsumen). Margin pemasaran : Saluran pemasaran yang paling efisien pada saluran pemasaran tingkat 0, karena yang memiliki margin share lebih rendah dari pada saluran pemasaran tingkat 1 dan satuan produk sayuran segar yang lebih efisien adalah selada kriting dengan nilai share biaya pemasaran tingkat 0 (2%) dan tingkat 1 (20%) dan Share keuntungan tingkat 0 (98%), tingkat 1 (80%). Keywords: Sayuran Segar, Sistem Pemasaran, Bauran Pemasaran, Distribusi Pemasaran, Margin Pemasaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Samsul Arifin NPM720311077 |
Uncontrolled Keywords: | Sayuran Segar, Sistem Pemasaran, Bauran Pemasaran, Distribusi Pemasaran, Margin Pemasaran. |
Subjects: | 600 – Technology > 630 Agriculture, Farm, Farming |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Samsul Arifin |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 03:02 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 03:02 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3641 |
Actions (login required)
View Item |