Purwinda, Afri (2023) Pengembangan Media "Kanca" (Keseimbangan Angka Ceria) Berbasis Local Culture Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (COVER)
File 1_c.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (670kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
File 2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
|
Text (ABSTRAK)
File 3.pdf - Accepted Version Download (233kB) |
|
Text (BAB1)
File 4.pdf - Accepted Version Download (470kB) |
|
Text (BAB2)
File 5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (723kB) |
|
Text (BAB3)
File 6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (919kB) |
|
Text (BAB4)
File 7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text (BAB5)
File 8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File 9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
File 10.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Media pembelajaran kreatif sangat berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar siswa salah satunya media "kanca". Media "kanca" adalah media berhitung yang dapat digunakan pada siswa kclas 1. Penelitian ini bertujuan untuk: ( 1) mendeskripsikan pengembangan media "kanca" berbasis local culture (2) mengetahui respon guru dan siswa terhadap pengembangan media "kanca" berbasis local culture. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry yang terdiri atas 5 tahap yaitu analyze, design, development, implementation, evuation. Kanca diujicobakan dalam uji coba terbatas dan uji coba lapangan kelas I sekolah dasar negeri Pojah II clan Paberasan I. Kelayakan produk didasarkan oleh ahli media, ahli materi, respon guru, respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) media "kanca" dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE; (2) penilaian ahli media memperoleh persentase 98%, penilaian ahli materi memperoleh persentase 97 ,5% kriteria "Sangat Sesuai dan Tidak Revisi", (3) penilaian respon siswa pada uji coba terbatas memperoleh persentase 92,5%, penilaian respon guru dan siswa pada uji coba lapangan memperoleh persentase 100% dan 93,6% kriteria "Sangat Baik",(4) media "kanca" berbasis local culture dapat digunakan sebagai altematif media pembelajaran matematika. Kata Kunci: Kanca, Media Pembelajaran, Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kanca, Media Pembelajaran, Matematika |
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA |
Depositing User: | isna wati isna |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 03:37 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 03:37 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3201 |
Actions (login required)
View Item |