ANALISIS PEMASARAN KENCUR DI DESA LENTENG BARAT KECAMATAN LENTENG KABUPATEN SUMENEP

Romadhani, Hamdan (2022) ANALISIS PEMASARAN KENCUR DI DESA LENTENG BARAT KECAMATAN LENTENG KABUPATEN SUMENEP. Skripsi thesis, Universitas wiraraja.

[img] Text (caver)
File 1 .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Daftar isi)
File 2-DAFTAR ISI.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text (Abstrak)
File 3-ABSTRACT INGGRIS & INDONESIA.pdf - Accepted Version

Download (195kB)
[img] Text (BAB I)
File 4-BAB I (1).pdf - Accepted Version

Download (303kB)
[img] Text (BAB II)
File 5-BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text (BAB III)
File 6-BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text (BAB IV)
File 7-BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text (BAB V)
File 8-BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
File 9-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text (Lampiran)
File 10-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)

Abstract

Pengetahuan petani yang minim dalam memperoleh informasi pasar kerap pkali berimbas kerugian bagi para petani di lenteng barat, penyebabnya kepentingan para petani ini dikalahkan oleh kepentingan oknum-oknum pengepul atau tengkulak yang seringkali memainkan harga karena para oknum tersebut lebih dahulu mengetahui kisaran harga kencur di pasaran. Akibatnya, posisi petani kencur menjadi lemah di tingkat saluran pemasaran. Kecenderungan saluran pemasaran dengan arus panjang pendeknya memberikan celah bagi lembaga pemasaran untuk mengambil laba yang tinggi. Akibatnya, pemasaran kencur menjadi tidak efisien dan tidak memberikan pendapatan yang signifikan bagi petani kencur. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan saluran pemasaran kencur di Desa Lenteng Barat Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep. (2) Menganalisis margin pemasaran kencur di Desa Lenteng Barat Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep. (3) Mendeskripikan tingkat efisiensi pemasaran kencur di Desa Lenteng Barat Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep. Metode penelitian ini menggunakan metode Snowball Sampling. Hasil penelitian menunjkkan bahwa saluran pemasaran kencur di desa lenteng barat mempunyai 2 saluran. Saluran I terdiri dari petani, pedagang pengepul, pedagang pengecer dan konsumen akhir. Saluran II terdiri dari petani, pedagang pengecer dan konsumen akhir. Total marjin pemasaran kencur di desa lenteng barat pada saluran I sebesar Rp. 4.000 dan saluran II sebesar Rp. 2.000. Pemasaran kencur di lenteng barat dikatakan efisien karena nilai efisiensi pada lembaga pemasaran pedagang pengecer 92% dan pada lembaga pemasaran pedagang pengecer sebesar 85%. Kata Kunci: Pemasaran, Kencur

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Kencur
Subjects: 600 – Technology > 630 Agriculture, Farm, Farming
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: isna wati isna
Date Deposited: 12 Feb 2024 03:04
Last Modified: 12 Feb 2024 03:04
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3197

Actions (login required)

View Item View Item