Ibrahim, Moh Maulana Malik (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN AKIBAT PEMBELIAN OBAT YANG TIDAK SESUAI DENGAN LABEL. Skripsi thesis, Universitas wiraraja.
Text (cover)
1.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
|
Text (Daftar Isi)
2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
|
Text (Abstrak)
3.pdf - Accepted Version Download (325kB) |
|
Text (BAB I)
4.pdf - Accepted Version Download (717kB) |
|
Text (BAB II)
5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (537kB) |
|
Text (BAB III)
6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (767kB) |
|
Text (BAB IV)
7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
|
Text (Daftar pustaka)
8.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
|
Text (Lampiran)
9.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (429kB) |
Abstract
Alasan yang melatar belakangi pada penelitian ini dilakukan sebagai jawaban atas kekhawatiran yang timbul akibat meningkatnya peredaran obat yang tidak sesuai dengan informasi yang tertera pada label. Selain itu, kadar kandungan yang terkandung dalam obat tidak selalu sesuai dengan yang tertera pada tabel komposisi. Fenomena ini memprihatinkan karena pelaku usaha cenderung memaksimalkan keuntungan dengan mengorbankan konsumen, melalui praktek penjualan obat yang tidak sesuai standar Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum terhadap hak dan kewajiban konsumen yang membeli obat tidak sesuai dengan label menurut Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Bagaimana tanggung gugat adanya penjualan obat yang tidak sesuai dengan label menurut perspektif hukum perdata dan hukum administratif. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif yaitu suatu pendekatan penelitian dengan cara meneliti dan mengkaji objek penelitian yang mengarah keapda hukum positif, serta menelaah data sekunder dari bahan hukum primer. Dari penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada tiga prinsip dasar hak konsumen, yaitu hak untuk mencegah kerugian pribadi dan keuangan, hak untuk mendapatkan barang dan jasa dengan harga yang adil, dan hak untuk mendapatkan solusi yang tepat. terhadap masalah yang dihadapi. Berdasarkan Pasal 1367 ayat (1) KUH Perdata, produsen wajib bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul akibat keadaan barang yang diproduksinya. Kompensasi bagi konsumen tercantum dalam Pasal 19 UUPK, sedangkan sanksi administratif diatur dalam Pasal 60 UUPK. Pelaku usaha diharapkan menjauhi peredaran barang yang berpotensi merugikan konsumen, serta mengutamakan perhatian terhadap hak dan kewajiban sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Dengan mengedepankan prinsip-prinsip tersebut, terciptanya hubungan yang berkelanjutan antara pelaku bisnis dan konsumen Kata kunci : perlindungan hukum, hak dan kewajiban konsumen,tanggung gugat
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 – Social sciences > 340 Law |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | isna wati isna |
Date Deposited: | 05 Dec 2023 07:10 |
Last Modified: | 05 Dec 2023 07:10 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/3063 |
Actions (login required)
View Item |