ANALISIS PENGATURAN PREDATORY PRICING TERHADAP PROMOSI FLASH SALE PADA KONSUMEN PLATFORM E-COMMERCE

Priyanto, Beny Tokid (2023) ANALISIS PENGATURAN PREDATORY PRICING TERHADAP PROMOSI FLASH SALE PADA KONSUMEN PLATFORM E-COMMERCE. Skripsi thesis, Universitas wiraraja.

[img] Text (Cover)
File 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)
[img] Text (Daftar Isi)
File 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text (Abstrak)
File 3.pdf

Download (248kB)
[img] Text (BAB I)
File 4.pdf

Download (563kB)
[img] Text (BAB II)
File 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img] Text (BAB III)
File 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text (BAB IV)
File 7.pdf

Download (245kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
File 8.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text (Lampiran)
File 9.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital di era modern ini membuat para pelaku usaha berlomba-lomba untuk beralih serta bersaing dalam transaksi jual beli di platform e-commerce dengan cara melakukan penawaran berupa flash sale atau jual cepat dengan tujuan untuk meningkatkan kedaya tarikan konsumen untuk bertransaksi didalamnya. Maka yang menjadi tujuan dari perumusan masalah pada penelitian ini oleh penulis ialah untuk mengetahui tanggung jawab hukum bagi pelaku predatory pricing promosi flash sale pada e-commerce dan untuk mengetahui perlindungan hukum bagi konsumen yang terkena predatory pricing promosi flash sale pada e-commerce. Penulisan skripsi yang penulis teliti menggunakan jenis penelitian Yuridis Normatif dan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual yang bahan hukumnya dikumpulkan dengan teknik penelusuran kepustakaan serta dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Promosi yang berupa penjualan kilat atau yang sering disebut sebagai flash sale menjadi salah satu upaya yang dilakukan oleh pelaku usaha untuk bersaing dalam memasarkan produk mereka. Hal ini tentunya mendapatkan perhatian lebih dikalangan konsumen karena harga yang diberikan tentunya lebih murah dibanding harga normal, cara ini tentunya efektif bagi pelaku usaha untuk menggait banyak konsumen namun disisi lain konsumen akan merasa dirugikan karena di rentang waktu selanjutnya, akan diberlakukan harga yang cukup tinggi karena produksi barang ditekan agar rendah sehingga konsumen merasa dirugikan dan inilah yang sering disebut sebagai predatory pricing sehingga perlu adanya tindakan lebih lanjut dari penegak hukum agar persaingan usaha yang sehat dapat tercipta. Tanggung jawab bagi pelaku usaha yang melakukan predatory pricing serta perlindungan hukum bagi konsumen dan pelaku usaha lain yang terkena dan terdampak predatory pricing perlu adanya tindakan yang lebih tegas dari pemerintah dan lebih memaksimalkan terhadap aturan dan perundang-undangan yang mengatur agar tidak terjadi hal yang serupa dan menciptakan lingkungan perekonomian yang sehat dan makmur dan sesuai dengan sila kelima pancasila yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Kata Kunci: Flash Sale, Predatory Pricing, Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 – Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: isna wati isna
Date Deposited: 20 Sep 2023 07:58
Last Modified: 20 Sep 2023 07:58
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2950

Actions (login required)

View Item View Item