STUDI KUALITATIF: PENGALAMAN ORANG TUA BEKERJA DALAM MEMANFAATKAN SMARTPHONE PADA KASUS ANAK YANG MENGALAMI HAMBATAN BICARA

Mubin, Moh. Sultonim (2023) STUDI KUALITATIF: PENGALAMAN ORANG TUA BEKERJA DALAM MEMANFAATKAN SMARTPHONE PADA KASUS ANAK YANG MENGALAMI HAMBATAN BICARA. Skripsi thesis, Universitas wiraraja.

[img] Text (Abstrak)
FILE 3.pdf

Download (181kB)
[img] Text (BAB I)
FILE 4.pdf

Download (183kB)

Abstract

Introduksi: Orang tua memiliki peran yang penting dalam perkembangan bicara anak khususnya pada anak usia prasekolah. Orang tua memiliki pola asuh yang berbeda dalam mengasuh anaknya. Era 4.0 dan 5.0 telah merubah pola kebiasaan orang tua yaitu memanfaatkan gadget dalam aktivitas pengasuhan terhadap anak. Smartphone adalah salah satu alat yang banyak digunakan orang tua dalam mendampingi atau mengasuh anak. Beberapa penelitian telah mengemukakan bahwa ada hubungan antara penggunaan smartphone dengan kejadian hambatan bicara pada anak pra sekolah. Hambatan bicara pada anak akan memberikan dampak pada berbagai aspek pada diri anak. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik sampling snowball sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November sampai Desember 2022. Informan penelitian adalah orang tua yang memiliki anak usia pra sekolah yang mengalami hambatan bicara sejumlah 10 informan. Pengumpulan data menggunakan metode indepth interview dan dianalisis secara analisis naratif deskriptif. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari total informan didapatkan bahwa mayoritas dari orang tua mulai mengenalkan smartphone sejak usia anak di bawah 4 tahun. Orang tua memiliki berbagai motif atau tujuan diantaranya agar anak menjadi tenang, tidak rewel dan menjadikan smartphone sebagai sarana edukasi anak. Orang tua tidak menyadari sejak awal bahwa saat memberikan smartphone maka anak akan cenderung ketergantungan, anak cenderung lebih tertarik dan fokus pada smartphone dibandingkan lingkungannya, dan komunikasi satu arah. Kesimpulan dan saran: Pemanfaatan smartphone oleh orang tua yang bekerja cenderung bertujuan positif, namun dalam prakteknya tidak sesuai dengan arahan penggunaan smartphone yang aman pada anak. Edukasi terhadap orang tua tentang penerapan pendampingan anak dengan pemanfaatan smartphone sangat diperlukan terutama sejak usia pra nikah. Komunikasi orang tua diperlukan saat mendampingi anak menggunakan smartphone, sedangkan aplikasi yang dianjurkan adalah aplikasi yang dikhususkan untuk anak-anak. Kata kunci : Pola Asuh, Smartphone, Anak usia Pra Sekolah, Hambatan Bicara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 – Technology > 610 Medicine & Health
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: isna wati isna
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:46
Last Modified: 14 Sep 2023 03:46
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2928

Actions (login required)

View Item View Item