HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN SECARA FISIK PADA ANAK USIA PRASEKOLAH (4-6 TAHUN) DI TK PKK DESA LEMBUNG

Ningsih, Sriati (2023) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN SECARA FISIK PADA ANAK USIA PRASEKOLAH (4-6 TAHUN) DI TK PKK DESA LEMBUNG. Skripsi thesis, Universitas wiraraja Madura.

[img] Text (Abstrak)
FILE 3.pdf

Download (104kB)
[img] Text (BAB I)
FILE 4.pdf

Download (186kB)

Abstract

Pendahuluan: Ketika memasuki usia prasekolah, kemampuan anak secara fisik untuk beradaptasi sudah dapat dimanfaatkan dengan baik. Namun, kenyatannya sering ditemukan adanya keterlambatan penyesuaian sosial dan ketergantungan kepada orang tua terutama diusia awal sekolah. Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan emosional dan kemandirian secara fisik pada anak usia prasekolah (4-6 tahun) di TK PKK Desa Lembung. Metode: penelitian ini menggunakan desain analitik korelasional dengan pendekatan cross-sectional, jumlah populasi sebanyak 32 orang diperoleh sampel dengan teknik simpel random sampling yaitu 30 orang menggunakan alat ukur kuesioner dengan analisa data rank spearman. Hasil : Hasil penelitian didapatkan sebagian besar orang tua memiliki pola asuh otoriter sebanyak 18 orang (60,0%), sebagian besar anak memiliki perkembangan emosional cukup sebanyak 18 orang (60,0%), sebagian besar anak memiliki kemandirian secara fisik baik sebanyak 16 orang (53,3%). Berdasarkan hasil uji rank spearman didapatkan p value 0,014 (<0,05) artinya, ada hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan emosional pada anak usia prasekolah (4-6 tahun) di TK PKK Desa Lembung. Dan didapatkan pula p value 0,000 (<0,05) artinya, ada hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian secara fisik pada anak usia prasekolah (4-6 tahun) di TK PKK Desa Lembung. Kesimpulan: Pola asuh orang tua memiliki dampak terhadap perkembangan emosional dan kemandirian secara fisik pada anak, semakin baik orang tua memberikan pengasuhan kepada anak maka anak cenderung memiliki perkembangan emosional dan kemandirian secara fisik yang baik pada anak. Kata kunci: pola asuh, perkembangan emosional, kemandirian secara fisik, anak usia prasekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 – Technology > 610 Medicine & Health > 618.2 Obstetri, Obstetrik, Ilmu Kandungan, Ilmu Kebidanan
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kebidanan
Depositing User: isna wati isna
Date Deposited: 21 Mar 2023 03:46
Last Modified: 21 Mar 2023 03:46
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2817

Actions (login required)

View Item View Item