Mu'is, Fikri (2022) Evaluasi Kerusakan Jalan Menurut Metode Bina Marga dan Metode PCI (Pavement Condition Index) Serta Alternatif Penanganannya (Studi Kasus : Jalan Pasar Ganding-Ketawang). Skripsi thesis, Universitas Wiraraja Madura.
Text (ABSTRAK)
File 3.pdf Download (399kB) |
|
Text (BAB1)
File 4.pdf Download (408kB) |
Abstract
Jalannmerupakan fasilitassyang penting bagi masyarakat agar dapat mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Kerusakan jalan disebabkan olehumur rencana jalan yang telah dilalui, perkerasan permukaan jalannyang tidak dapathdikeringkan karena drainasehyang tidak tepat, serta beban lalu lintas yang berlebihan. Lokasi penelitian berada pada jalan Pasar Ganding-Ketawang yang dimana jalan tersebut terdapat pasar tradisonal sehingga terjadi penumpukan kendaran yang melintas. Ruas jalan Pasar Ganding-Ketawang ini merupakan jalan utama penghubung Kecamatan Ganding menuju Kecamatan GulukGuluk.Bagaimana hasil analisa kerusakan pada jalan Pasar Ganding-Ketawang menurut metode Bina Marga dan metode PCI (Pavement Condition Index). Bagaimana alternatif penanganan kerusakan pada jalan Pasar Ganding-Ketawang sesuai dengan metode Bina Marga dan metode PCI (Pavement Condition Index). Untuk mempermudah dalam pemahaman penyusunan penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menganalisis data hasil survei atau yang sudah ada. Hasil penelitian ini didapat bahwa Jalan Pasar Ganding – Ketawang dari STA 0,000 s/d 1,500 mempunyai beberapa jenis kerusakan permukaan yaitu Amblas dengan luas 185,04 m2 (51%), Lubang dengan luas 58,24 m2 (16%), Pengausan Agregat dengan luas 55,5 m2(15%), Pengelupasan dengan luas 43,13 (12%), dan Tambalan dengan luas 22,5 m2 (6%). Berdasarkan metode Bina Marga didapat nilai kondisi jalan sebesar 2,9 dengan nilai prioritas sebesar 9,1 (7) sehingga termasuk dalam jenis penanganan pemeliharaan rutinyaitu seperti penambalan (patching) untuk memperbaiki retak, alur dan amblas. Sedangkan berdasarkan metode PCI (Pavement Condition Index) kondisi jalan termasuk dalam keadaan Good (Baik) dengan nilai 59,9 sehingga jenis penanganan yang sesuai adalah lapis tambahan (overlay). Kata Kunci : Kerusakan jalan, Metode Bina Marga, Metode PCI
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 – Technology > 620 Engineering & Allied Operations > 624 - Civil Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Anisa Zulfa Nurfaizah |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 07:27 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 07:27 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2762 |
Actions (login required)
View Item |