Purnamasari, Mita (2022) Pengukuran Survei Kepuasan Masyarakat (Skm) Dalam Pelayanan Publik Di Desa Masaran Kabupaten Sumenep. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja Madura.
Text (ABSTRAK)
File 3.pdf Download (494kB) |
|
Text (BAB1)
File 4.pdf Download (760kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan kepuasan masyarakat dalam pelayanan publik di desa Masaran kabupaten Sumenep melalui pengukuran Survei Kepuasan Masyarakat ditinjau dari pelayanan administratif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif menggunakan analisis Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia No. 14 Tahun 2017. Penelitian ini dilaksanakan di desa Masaran Kabupaten Sumenep dengan jumlah responden 100 orang menggunakan teknik sampling non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Data yang dikumpulkan, dilakukan dengan menggunakan metode penyebaran kuesioner atau angket. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan pelayanan yang diberikan oleh desa Masaran Kabupaten Sumenep berada pada kategori “Baik” dengan memiliki nilai SKM sebesar 3,42 dan nilai konversi SKM sebesar 85,50. Langkah-langkah yang dilakukan kepala desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di desa Masaran kabupaten Sumenep adalah yang pertama dengan memperhatikan dimensi kualitas pelayanan dan yang kedua adalah dengan meningkatkan kualitas SDM. Kata kunci: Pelayanan Publik, Survei Kepuasan Masyarakat
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 – Technology > 650 Management & Public Relations > 658- Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Anisa Zulfa Nurfaizah |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 06:24 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 06:24 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2670 |
Actions (login required)
View Item |