Arifah, Dinda Putri (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL TEMA 8 SUBTEMA 2 PESERTA DIDIK KELAS IV SD DI SUMENEP. Skripsi thesis, Universitas wiraraja Madura.
Text (Abstrak)
FILE 3.pdf Download (300kB) |
|
Text (BAB I)
FILE 4.pdf Download (240kB) |
Abstract
Diera digital sekarang sudah banyak prinsip – prinsip pendidikan budaya yang bergeser sehinggah menyebabkan banyak siswa yang tidak mengenali kearifan lokal daerahnya sendiri, oleh karena itu diperlukan bahan ajar yang mampu memberikan pengetahuan keterampilan literasi budaya daerah sendiri agar kearifan lokal agar tetap terjaga.Pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal ini menjadi refrensi pembelajaran tambahan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih baik.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian R & D ( Reasearch and Development ) dengan tahap penelitian model Borg and Gallyang telah di modifikasi oleh Sugiono yang terdiri dari 7 tahapan penelitian karena keterbatasan waktu biaya dan juga dampak dari pandemic covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk ; (1) Mendeskripsikan pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal tema 8 subtema 2 kelas IV SD di Sumenep. (2) mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal tema 8 subtema 2 kelas IV SD di Sumenep. Subjek penelitian ini adalah kelas IV Sekolah Dasar.Instrumen pada penelitian ini berupa instrumen validasi produk dan respon siswa, adapun skala analisis data yang digunakan yaitu skala likert dan skala guttman . Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal layak. Hal ini terbukti dengan hasil validasi produk yang dilakukan oleh validator desain mendapatkan presentase 97,5%, sedangkan validator materi mendapatkan 96,8%, kemudian validator bahasa Madura mendapatkan nilai 97,2. Berdasarkan nilai presentase dari validasi produk maka produk pengembangan mendapatkan predikat sangat layak .(2) Haail penilaian respon peserta didik terhadap buku pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal menunjukkan angka dalam intervalyang sangat baik yaitu76%-100% yang menunjukkan bahwa buku pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal dapat dinyatakan layak dan sesuai untuk digunakan sebagai bahan ajar. Kata Kunci:,Tematik, Kearifan, Lokal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 – Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | isna wati isna |
Date Deposited: | 26 Dec 2022 02:56 |
Last Modified: | 26 Dec 2022 02:56 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2582 |
Actions (login required)
View Item |