Hamdan, Muhammad (2022) Analisis Penerapan Pajak Atas Transaksi ECommerce. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja Madura.
Text (ABSTRAK)
File 3.pdf Download (92kB) |
|
Text (BAB1)
File 4.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pajak e-commerce adalah salah satu peraturan perpajakan yang dikeluarkan oleh DJP. Dan pajak sendiri adalah salah satu pemasukan terbesar negara ini. Dalam era globaliasasi saat ini sangat memungkinkan terjadinya banyak sekali transaksi e-commerce, apalagi dari perkembangan zaman saat ini yang memang makin ke belakang akan makin maju. Di mana dulu ketika kita ingin membeli barang pertama kita harus pergi atau menghampiri toko yang barangnya ingin kita beli, namun pada masa ini kita tidak perlu repot-repot pergi lagi ke toko untuk membeli barang yang kita inginkan, karena efek dari perkembangan zaman itulah yang mengakibatkan adanya E-commerce atau bisa di bilang penjualan online. Penelitian ini memiliki tujuan agar mengetahui gambaran umum, faktor pendukung serta kendala-kendala dari penerapan pajak atas transaksi e-commerce di negara indonesia tercinta ini. Metode analisis data dalam penelitian kali ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif. Sehingga penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dalam mengumpulkan datanya secara manual sendiri. Dan selanjutnya data yang telah di peroleh akan dijabarkan sebagaimana dengan data yang di peroleh tanpa menambahkan ataupun mengurangi data tersebut. Dan hasil yang didapat pada penelitian kali ini adalah pelaku transaksi ECommerce juga bisa dikategorikan sebagai subjek pajak yang memiliki kewajiban untuk membayar pajak kepada negara. Subjek pajak akan dikenakan pajak jika mendapatkan, menerima, atau memperoleh penghasilan dalam bentuk apapun. Mengingat pajak sendiri merupakan salah satu pendapat terbesar yang di terima oleh negara. Terdapat beberapa faktor pendukung dalam penerapan pajak terhadap transaksi e-commerce yakni bagi fiskus: Data dan informasi wajib pajak, lalu bagi wajib pajak: Penyediaan fasilitas (sarana/prasarana) wajib pajak dalam menjalankan kewajiban perpajakan, Memprluas usaha di bidang e-commerce, dan strategi penjualan. selain dari faktor pendukung tentunya juga ada beberapa kendala yang di alami di antara bagi fiskus adalah: Masih banyak pelaku ecommerce yang belum memiliki NPWP, dan Bermunculannya aplikasi non legal. Dan bagi wajib pajak adalah: Kurangnya sosialiasi, Sedikitnya pengetahuan tentang pajak, Minimnya kesadaran tentang perkembangan pajak, Ketakutan terhadap pajak. Kata Kunci : Pajak E-Commerce, wajib pajak, fiskus
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 – Technology > 650 Management & Public Relations > 657 - Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Anisa Zulfa Nurfaizah |
Date Deposited: | 16 Dec 2022 08:21 |
Last Modified: | 16 Dec 2022 08:21 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2521 |
Actions (login required)
View Item |