DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR IPA PESERTA DIDIK SMPN 3 SUMENEP DENGAN ANALISIS RASCH MODEL

Kurli, Habanias (2022) DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR IPA PESERTA DIDIK SMPN 3 SUMENEP DENGAN ANALISIS RASCH MODEL. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja Madura.

[img] Text (ABSTRAK)
HABANIAS KURLI FILE 2.pdf

Download (217kB)
[img] Text (BAB 1)
HABANIAS KURLI FILE 4.pdf

Download (330kB)

Abstract

Diagnosis kesulitan belajar IPA perlu dilakukan untuk memetakan jenis kesulitan belajar apa saja yang dialami oleh peserta didik pada mata pelajaran IPA. Nilai akhir dari suatu tes sering diartikan sebagai indikator tingkat kemampuan siswa. Pemberian skor yang sama pada butir soal dengan tingkat kesulitan yang berbeda merupakan kelemahan dari teori tes klasik, sehingga penilaian ini dianggap tidak mampu memberikan hasil yang adil terhadap kemampuan siswa. Analisis model Rasch akan mengatasi kelemahan ini. Analisis model Rasch dapat mengukur kualitas instrumen dan kemampuan peserta didik secara bersamaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas instrumen tes diagnosis kesulitan belajar IPA dan untuk mengetahui kesulitan belajar apa saja yang dialami oleh peserta didik SMPN 3 Sumenep menggunakan model Rasch. Sampel penelitian ini adalah 60 siswa SMPN 3 Sumenep yang terdiri dari kelas VII, VIII dan IX. Teknik analisis data menggunakan Model Rasch dengan software Ministeps. Hasil analisis menunjukkan kualitas instrumen tes diagnosis kesulitan belajar IPA dinyatakan sangat baik berdasarkan aspek tingkat kesesuaian butir soal, tingkat kesukaran, dan reliabilitas. Ada empat butir soal uraian yang ditemukan bias, kebanyakan siswa kelas IX tidak dapat mengerjakan butir soal tersebut. Kesulitan belajar IPA yang terjadi di SMPN 3 Sumenepp hampir terjadi di semua aspek terutama pada aspek memprediksi, mengontrol variabel, berkomunikasi, menyimpulkan, menginterpretasi data dan grafik, serta mengklasifikasi. Kata kunci: Kesulitan Belajar IPA, SMPN 3 Sumenep, Model Rasch, Ministeps

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 – Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA
Depositing User: Anisa Zulfa Nurfaizah
Date Deposited: 08 Nov 2022 04:04
Last Modified: 13 Jan 2023 04:35
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2454

Actions (login required)

View Item View Item