FAISA, NABILA MAYA (2022) IMPLEMENTASI SMART CITY PADA PROGRAM LAYANAN CALL CENTER 112 DALAM MENDUKUNG E-GOVERNMENT DI KABUPATEN SUMENEP (Studi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumenep). Skripsi thesis, Universitas Wiraraja Madura.
Text (ABSTRAK)
FILE 3.pdf Download (104kB) |
|
Text (BAB1)
FILE 4.pdf Download (182kB) |
Abstract
Permasalahan waktu kini menjadi salah satu permasalahan yang juga menjadi problema bagi wajib pajak baik dari kalangan ASN maupun pegawai swasta, pelayanan perpajakan yang menimbulkan antrean secara tidak langsung menjadi penyebab malasnya wajib pajak untuk membayar pajak maupun melaporkan SPT tahunan. Belum lagi antrean yang disebabkan oleh pelayanan secara manual juga akan dibenturkan dengan kewajiban wajib pajak untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab pekerjaan mereka di kantor. Oleh karena itu maka terciptalah inovasi pelayanan online perpajakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Pelayanan Melalui Inovasi Pelayanan Online Perpajakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil dalam penelitian ini adalah Keuntungan dari pelayanan online perpajakan yaitu bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun tanpa harus datang ke kantor dan tidak perlu menyesuaikan dengan jam kantor serta dapat membantu dan mempermudah wajib pajak terkait kewajiban perpajakan. Pelayanan online perpajakan sudah sesuai dengan kebutuhan wajib pajak dan juga kebutuhan wajib pajak sudah terpenuhi dengan adanya pelayanan online perpajakan. Kerumitan yang dialami wajib pajak saat menggunakan pelayanan online perpajakan yaitu wajib pajak sering lupa akun dan jaringan tidak stabiil. Inovasi yang diterapkan tentunya telah di uji coba secara internal terlebih dahulu. data yang masuk kepada kantor pajak sudah menjadi data digital sehingga kantor pajak lebih mudah mengamati.Saran dalam penelitian ini adalah kantor pajak juga harus mengoptimalkan dan meminimalisir error system, kantor pajak sebaiknya menyediakan atau menyempurkan server dengan kapasitas yang lebih besar, uji coba tidak hanya dilakukan sampai di pegawai kantor pajak saja, akan tetapi wajib pajak juga perlu kiranya mengisi survei tersebut karena kendala yang terjadi dilapangan beragam, sebaiknya KP2KP Suemenep meliliki media evaluasi internal, namun jika memang tidak memungkinkan maka media evaluasi yang masuk ke kantor pusat (diakhir pelaporan SPT tahunan yang wajib pajak submit) sebaiknya tingkat kepuasan wajib pajak khususnya daerah Kabupaten Sumenep dikirim ke KP2KP Sumenep. Kata Kunci: Peningktan Pelayanan, Pelayanan Online, Perpajakan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 – Social sciences > 350 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara |
Depositing User: | Anisa Zulfa Nurfaizah |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 04:17 |
Last Modified: | 31 Oct 2022 04:17 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2443 |
Actions (login required)
View Item |