Putri, Resa Agustin (2022) STRATEGI PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI DI DESA KACONGAN KECAMATAN KOTA SUMENEP KABUPATEN SUMENEP. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja Madura.
Text (ABSTRAK)
FILE 3.pdf Download (114kB) |
|
Text (BAB1)
FILE 4.pdf Download (212kB) |
Abstract
Pelayanan publik khususnya di tingkat desa harus benar-benar ditunjukkan demi mensejahterakan masyarakat. Pemerintah desa dituntut untuk bekerja keras dengan kemampuan dan kompetensi terbaik yang dimilikinya guna mempermudah pelaksanaan dari tugas pemerintahan tersebut. Pemerintah desa Kacongan masih dinilai kurang optimal dalam memberikan pelayanan publik khususnya pelayanan administrasi desa. Salah satu hal yang bisa dijadikan solusi guna menyelesaikan permasalahan tersebut yaitu dengan melakukan upaya yang strategis untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan yang dilakukan dalam penelitian ini yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teori fokus yang digunakan yaitu Koteen dalam (Salusu 2015:104) yang terdiri dari Corporate Strategy (strategi organisasi), Program Strategy (strategi program), Resource Support Strategy (strategi pendukung sumber daya), Institutional Strqtegy (strategi kelembagaan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam hal strategi organisasi, pemerintah desa kacongan telah berencana untuk mengadakan pelayanan administrasi secara offline dan online, pemerintah desa kacongan juga telh melaksanakan pelayanan secara door to door untuk masyarakat lansia. Terkait strategi program, memang pemerintah desa kacongan belum merencanakan apapun tetapi kepala desa secara pribadi menginginkan adanya SOP (standar operasional prosedur). Strategi pendukung sumber daya yang dilakukan pemerintah desa kacongan dengan cara mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Terakhir strategi kelembagaan, pemerinth desa kacongan telah melakukan pertemuan yang membahas kinerja perangkat desa dan menyerap aspirasi masyarakat seperti salah satunya pelaksanaan musyawarah desa, serta memberikan tunjangan kepada perangkat desa diluar gaji pokok. Kata Kunci : Strategi, Pelayanan Publik, Pemerintah Desa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 – Social sciences > 350 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara |
Depositing User: | Anisa Zulfa Nurfaizah |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 04:11 |
Last Modified: | 31 Oct 2022 04:11 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2442 |
Actions (login required)
View Item |