HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DALAM AKTIVITAS BERMAIN DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA PRASEKOLAH (4-6 TAHUN) DI TK ATTAUFIQIYAH AENGBAJA RAJA

Innafiah, Nur (2022) HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DALAM AKTIVITAS BERMAIN DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA PRASEKOLAH (4-6 TAHUN) DI TK ATTAUFIQIYAH AENGBAJA RAJA. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img] Text (Abstrak)
File 3.pdf

Download (167kB)
[img] Text (Bab I)
File 4.pdf

Download (195kB)

Abstract

Masa prasekolah adalah masa dimana kognitif anak mulai menunjukkan perkembangan. Namun banyak ditemukan anak pada masa ini mengalami perlambatan perkembangan kognitif yang bisa disebabkan oleh kurangnya pemenuhan kebutuhan pada diri anak termasuk didalamnya adalah kebutuhan bermain. Tujuan penelitia ini adalah untuk mengetahui hubungan peran orang tua dalam aktivitas bermain dengan perkembangan kognitif anak usia prasekolah (4-6 tahun). Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Populasi seluruh orang tua dan murid usia 4-6 tahun di TK At-Taufiqiyah Aegbaja Raja. Sampel yang digunakan adalah random sampling yang berjumlah 55 responden. Variabel independen peran orang tua dalam aktivitas bermain. Variabel dependen Perkembangan kognitif anak prasekolah (4-6 tahun). Pengumpulan data dalam penelitian adalah kuesioner dan lembar observasi (checklist). Data yang terkumpul diuji statistik Spearmen Rho dengan timgkat kemaknaan diperoleh (α≤0,05) didapatkan p = 0,000 dimana p < 0,05, yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara peran orang tua dalam aktivitas bermain dengan perkembangan kognitif anak usia prasekolah (4-6 tahun) di TK At-Taufiqiyah Aengbaja Raja. Kata kunci: Peran orang tua, bermain, perkembangan kognitif, usia prasekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 – Technology > 610 Medicine & Health
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ahmad Luthfi
Date Deposited: 25 Aug 2022 05:15
Last Modified: 15 Nov 2022 02:51
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/2132

Actions (login required)

View Item View Item