ANALISIS EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM DENGAN METODE PIECES (Studi di Kementerian Agama Kabupaten Sumenep)

Ghifari, Alannuril Maushufi al (2019) ANALISIS EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM DENGAN METODE PIECES (Studi di Kementerian Agama Kabupaten Sumenep). Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img] Text (Abstrak)
File 3.pdf

Download (115kB)
[img] Text (Bab I)
File 4.pdf

Download (249kB)

Abstract

EMIS adalah sekelompok informasi dan dokumentasi yang terorganisasi dalam melaksanakan pengumpulan, penyimpanan, pengolahan, analisis, dan penyebaran informasi yang digunakan untuk manajemen dan perencanaan pendidikan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Analisa Education Management Information System (EMIS) DenganMetode PIECES. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Fokuskajian yang digunakan peneliti mengacu pada enam indikator Metode analisa PIECES menurut Whitten L. Jeffery dalamRohmat, (2013:154) yaitu: Performa (Kinerja), Information (Informasi), Economics (Ekonomi), Control (Kontrol), Efficiency (Efisien), Service (Pelayanan).Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Kinerja dari sistem EMIS ini sangat membantu para operator madrasah dalam menyelesaikan tugasnya. Hal ini dapat dilihat mulai dari kemudahan dalam mengunggah data sampai efisiensi waktu, sehingga semua pengadministrasian bisa lebih cepat dan akurat. Kedua, Sistem EMIS dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh kementerian agama terkait dengan data Madrasah-madrasah yang ada. Ketiga, Terlepas dari besarnya biaya yang diperlukan namun memiliki manfaat yang besar, adanya sistem EMIS ini sangat membantu dan bermanfaat madrasah dan dalam penyelesaian tugas para operator di madrasah. Keempat, ketika terjadi eror maupun salah dalam pengunggahan, operator kabupaten memberikan arahan kepada mereka yang mereka yang melapor silih berganti dan juga langsung menghubungi pihak yang bersangkutan. Kelima, Sistem EMIS ini sudah dikatakan sangat efisien karena dengan adanya sistem ini waktu yang dibutuhkan lebih sedikit, biaya yang dikeluarkan lebih sedikit, akan tetapi dapat memberikan manfaat yang besar. Keenam, Pelyanan yang didapat oleh operator madrasah sangatlah memuakan, baik itu pelayanan yang diberikan oleh sistem EMIS itu sendiri dan pelayanan yang diberikan oleh operator kabupaten atau Kementerian Agama Kabupaten Sumenep. Kata Kunci: Analisa Sistem, PIECES, EMIS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 – Social sciences > 350 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Depositing User: Anisa Zulfa Nurfaizah
Date Deposited: 12 Sep 2022 03:59
Last Modified: 07 Dec 2022 03:36
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1893

Actions (login required)

View Item View Item