INOVASI PELAYANAN KEPENGURUSAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN SEBAGAI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DI KABUPATEN SUMENEP (Studi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil)

Adryani, Vira Yulia (2023) INOVASI PELAYANAN KEPENGURUSAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN SEBAGAI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DI KABUPATEN SUMENEP (Studi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil). Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img] Text (Cover)
FILE 1- HAL JUDUL-KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Isi)
FILE 2- DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text (Abstrak)
FILE 3 -ABSTRAK INTISARI.pdf

Download (79kB)
[img] Text (Bab1)
FILE 4 - BAB I.pdf

Download (489kB)
[img] Text (Bab2)
FILE 5- BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)
[img] Text (Bab3)
FILE 6- BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[img] Text (Bab4)
FILE 7- BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text (Bab5)
FILE 8- BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (Bab6)
FILE 9 -BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
FILE 10- DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text (Lampiran)
FILE 11- LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Pemerintah senantiasa melakukan upaya peningkatan kualitas pelayanan secara terus menerus dan berkelanjutan. Inovasi pelayanan publik dilakukan untuk peningkatan kualitas pelayanan publik terutama dalam pemberian layanan kependudukan. Salah satunya dengan mesin ADM (Anjungan Dukcapil Mandiri) untuk membantu masyarakat dalam hal pencetakan dokumen kependudukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi pelayanan kepengurusan dokumen kependudukan sebagai peningkatan kualitas pelayanan di kabupaten sumenep di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian mengacu pada teori Basuki (2019) bahwa cepat atau lambat penerimaan inovasi oleh masyarakat sangat tergantung pada karakteristik inovasi itu sendiri yaitu dapat dilihat dari: keunggulan relatif (relative advantage), kesesuaian (compatibility), kerumitan (complexity), kemampuan dilakukan percobaan (triability), dan dapat diamati (observability). Data dan hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara dengan beberapa informan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mesin ADM memang memiliki kelebihan ataupun ciri khas tersendiri dibandingkan dengan pelayanan sebelumnya, akan tetapi dibalik itu masih terdapat banyak kekurangan dari inovasi ADM. Penelitian ini merekomendasikan perlu adanya evaluasi terhadap mesin ADM untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Kata Kunci: Pelayanan Publik, Inovasi, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Kependudukan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 – Social sciences > 350 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Depositing User: Anisa Zulfa Nurfaizah
Date Deposited: 05 Oct 2023 07:36
Last Modified: 05 Oct 2023 07:36
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1735

Actions (login required)

View Item View Item