Adryani, Vira Yulia (2023) INOVASI PELAYANAN KEPENGURUSAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN SEBAGAI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DI KABUPATEN SUMENEP (Studi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil). Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (Cover)
FILE 1- HAL JUDUL-KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (Daftar Isi)
FILE 2- DAFTAR ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) |
|
Text (Abstrak)
FILE 3 -ABSTRAK INTISARI.pdf Download (79kB) |
|
Text (Bab1)
FILE 4 - BAB I.pdf Download (489kB) |
|
Text (Bab2)
FILE 5- BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (784kB) |
|
Text (Bab3)
FILE 6- BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (733kB) |
|
Text (Bab4)
FILE 7- BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) |
|
Text (Bab5)
FILE 8- BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text (Bab6)
FILE 9 -BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
FILE 10- DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
|
Text (Lampiran)
FILE 11- LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Pemerintah senantiasa melakukan upaya peningkatan kualitas pelayanan secara terus menerus dan berkelanjutan. Inovasi pelayanan publik dilakukan untuk peningkatan kualitas pelayanan publik terutama dalam pemberian layanan kependudukan. Salah satunya dengan mesin ADM (Anjungan Dukcapil Mandiri) untuk membantu masyarakat dalam hal pencetakan dokumen kependudukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi pelayanan kepengurusan dokumen kependudukan sebagai peningkatan kualitas pelayanan di kabupaten sumenep di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian mengacu pada teori Basuki (2019) bahwa cepat atau lambat penerimaan inovasi oleh masyarakat sangat tergantung pada karakteristik inovasi itu sendiri yaitu dapat dilihat dari: keunggulan relatif (relative advantage), kesesuaian (compatibility), kerumitan (complexity), kemampuan dilakukan percobaan (triability), dan dapat diamati (observability). Data dan hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara dengan beberapa informan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mesin ADM memang memiliki kelebihan ataupun ciri khas tersendiri dibandingkan dengan pelayanan sebelumnya, akan tetapi dibalik itu masih terdapat banyak kekurangan dari inovasi ADM. Penelitian ini merekomendasikan perlu adanya evaluasi terhadap mesin ADM untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Kata Kunci: Pelayanan Publik, Inovasi, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Kependudukan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 – Social sciences > 350 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara |
Depositing User: | Anisa Zulfa Nurfaizah |
Date Deposited: | 05 Oct 2023 07:36 |
Last Modified: | 05 Oct 2023 07:36 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1735 |
Actions (login required)
View Item |