Ramdhani, Akh (2019) KUALITAS PELAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) DI UNIVERSITAS WIRARAJA. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
Text (Abstrak)
FILE 3.pdf Download (118kB) |
|
Text (Bab I)
FILE 4.pdf Download (487kB) |
Abstract
Universitas Wiraraja Sumenep selalu berupaya memberikan pelayanan yang efektif dan efisien kepada mahasiswanya, yaitu salah satunya menyediakan situs SIAKAD secara online. Pembuatan dan pembelian SIAKAD online ini, tidak lain adalah bertujuan untuk membantu pelaporan data seluruh mahasiswa ke LRDIKTI agar lebih cepat tanpa harus mengirim satu-persatu secara manual. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian yang diambil mengacu pada lima karakteristik kualitas pelayanan menurut Menurut Zeithaml dkk, dalam Hiplunudin (2017:112) yaitu: Bukti langsung (tangibles), Keandalan (reliability), Daya tanggap (responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Empathy). Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil Kualitas Pelayanan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Di Universitas Wiraraja Sumenep yaitu: Pertama, sarana-prasarana dalam mendukung pelayanan SIAKAD meliputi, komputer, printer, kursi dsb, akan tetapi tenyata jumlah komputernya dan petugas kurang memadai untuk jumlah mahasiswa yang cukup banyak. Kedua, Situs SIAKAD Universitas Wiraraja selama ini terkadang masih timbul permasalahan, antara lain sistem error, dan kesalahan input data. Namun petugas mempu mengatasinya. Ketiga, petugas sangat tanggap dan sangat baik untuk memberikan bantuan berkaitan dengan pelayanan SIAKAD. Keempat, Pelayanan SIAKAD yang disediakan oleh Universitas Wiraraja menjamin bahwa tidak terjadi pungutan liar kepada mahasiswa dan kesalahan data walaupun terkadang sistem error. Kelima, Petugas dalam melayani mahasiswa sangat ramah, murah senyum, sopan, tidak diskriminatif. Disamping itu juga ada sebagian petugas yang kurang ramah, misal: bergurau saat melayani mahasiswa, dan nada suara petugas yang kurang lembut saat komunikasi dengan mahasiswa. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Sistem Informasi Akademik (SIAKAD)
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 – Social sciences > 350 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara |
Depositing User: | Anisa ZN |
Date Deposited: | 29 Nov 2021 07:17 |
Last Modified: | 29 Nov 2021 07:17 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1653 |
Actions (login required)
View Item |