PROGRAM STUDI BANDING BAGI GURU UNTUK MELATIH KREATIVITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-WATHONIYAH (SDITA) SUMENEP

Fauzia, Raihana (2020) PROGRAM STUDI BANDING BAGI GURU UNTUK MELATIH KREATIVITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-WATHONIYAH (SDITA) SUMENEP. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.

[img] Text (Abstrak)
cd 2.pdf

Download (255kB)
[img] Text (Bab I)
cd 4.pdf

Download (367kB)

Abstract

Studi banding merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program studi banding di SDIT Al-Wathoniyah serta dampak program studi banding bagi guru di SDIT Al-Wathoniyah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualittif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa yang ada di SDIT Al-Wathoniyah. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, implementasi program studi banding di SDIT Al-Wathoniyah dilaksanakan di kota-kota besar seperti Malang dan Surabaya. Kegiatan ini dilaksanakan satu tahun sekali dan berlangsung selama 2 hari. Kedua, dampak program studi banding bagi guru di SDIT Al-Wathoniyah memberikan dampak yang positif sehingga menjadikan guru lebih kreatif dalam mengajar. Terdapat salah satu guru yang menerapkan hasil dari studi banding ke dalam pembelajaran, yaitu tentang menanam sayur hidroponik. Kata kunci : Studi Banding, Kreativitas Guru, Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 – Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Anisa ZN
Date Deposited: 23 Nov 2021 08:56
Last Modified: 23 Nov 2021 08:56
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1567

Actions (login required)

View Item View Item