PENGEMBANGAN MEDIA KETELA (KERANJANG TELUR PELANGI) PADA KELAS II SEKOLAH DASAR

Nurhasiyah, Nurhasiyah (2020) PENGEMBANGAN MEDIA KETELA (KERANJANG TELUR PELANGI) PADA KELAS II SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja Madura.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
cd-2-.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
cd-4-.pdf

Download (139kB) | Preview

Abstract

Siswa sekolah dasar cenderung lebih suka bermain, dan perhatian mereka lebih tertarik apabila melihat benda yang berwarna warni. Namun, media yang berwarna warni sekaligus dapat dimainkan tidak banyak ditemui di sekolah dasar. Peneliti mengembangkan produk media bermain sambil belajar dari bahan bekas yaitu keranjang telur. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan, serta mengkaji respon guru terhadap produk yang dikembangkan oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu: Define, Design, Development, dan Dissemination. Kemudian diadaptasi oleh peneliti menjadi 3 tahap pengembangan yaitu: Define, Design, Development. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan penelitian serta keterbatasan dana dan waktu yang dimiliki oleh peneliti. Produk yang dikembangkan kemudian divalidasi untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan oleh peneliti. Validator pada penelitian ini terdiri dari ahli soa tematik, ahli desain media, dan ahli angket respon guru. Untuk hasil validasi soal tematik secara keseluruhan mendapatkan persentase sebesar 99% dengan kategori sangat sesuai dan tidak revisi. Hasil validasi desain media secara keseluruhan mendapatkan persentase sebesar 93% dengan kategori sangat sesuai dan tidak revisi. Sedangkan untuk validasi angket respon guru mendapatkan persentase sebesar 96% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi tersebut maka pengembangan media KETELA (Keranjang Telur Pelangi) telah dinyatakan layak digunakan sebagai media bermain sambil belajar. Hasil pengisian angket respon guru terhadap pengembangan media KETELA pada kelas II Sekolah Dasar mendapatkan persentase sebesar 99%. Dari hasil tersebut maka pengembangan media KETELA (Keranjang Telur Pelangi) pada kelas II sekolah dasar mendapatkan respon sangat baik dari guru. Kata kunci: Pengembangan, Keranjang Telur Pelangi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 – Technology > 610 Medicine & Health
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA
Depositing User: Ahmad Luthfi
Date Deposited: 25 Feb 2021 03:08
Last Modified: 17 Nov 2022 08:25
URI: http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1428

Actions (login required)

View Item View Item