Rachman, Rifdatul Ummah (2020) HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL DAN EMOSIONAL ANAK USIA 4-6 TAHUN DI KELURAHAN PAJAGALAN KECAMATAN KOTA SUMENEP. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja Madura.
|
Text (Abstrak)
file 3.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
file 4.pdf Download (234kB) | Preview |
Abstract
Gadget merupakansalah satu alatyang memiliki teknologi yang canggih. Jadi semua orang dapat dengan mudah berkomunikasi.Membangun kreatifitas anak (Gadgetmemberikan beragam informasi yang juga bisa mendorong anak menjadi lebih kreatif).Penggunaan gadget pada kalangan anak-anak digunakanuntuk alat atau media pembelajaran untuk anak, membuka fitur-fitur yang dapat membantu dalam proses belajar anak, tidakhanya digunakan untuk bermain game. Penggunaan gadgetdikalangan anak-anak semakin memprihatinkan dan tentu memiliki dampak negatif terhadap tumbuh kembang. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan sosial dan emosional anak usia 4-6 tahun di Kelurahan Pajagalan Kecamatan Kota Sumenep. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalahSemua anak usia 4-6 tahun. Teknik sampling menggunakan Purposive sampling sehingga sampel berjumlah 117 responden. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner tentang penggunaan gadget dan perkembangan sosial dan emosional serta wawancara kepada orang tua dan anak. Analisa data menggunakan ujichi squaredengan(α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan, sebagian besar responden anak memiliki penggunaan gadget yang tinggi, hampir seluruh responden anak memiliki perkembangan sosial dan emosional yang termasuk mampu. Hasil analisa data tentang penggunaan gadget dengan perkembangan sosial dan emosional didapatkan ρ (Value) = 0,197atau lebih besar dari (α = 0,05), artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara penggunaan gadget dengan perkembangan sosial dan emosional. Diharapkan orang tua dapat membatasi anak dalam durasi penggunaan gadget dan mengawasi kegiatan yang dilakukan pada anak saat bermain gadget. Orang tua dapat mengalihkan perhatian bermain gadget dengan mengenalkan permainan tradisional karena dapat menstimulasi untuk mengembangkan keterampilan emosi terhadap anak. Kata kunci : Penggunaan Gadget, Perkembangan Sosial dan Emosional
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 – Technology > 610 Medicine & Health |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan |
Depositing User: | Ahmad Luthfi |
Date Deposited: | 17 Feb 2021 03:19 |
Last Modified: | 21 Nov 2022 02:18 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/1417 |
Actions (login required)
View Item |