Wahdah, Rifatul (2018) Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Kecap Cap Ikan Terbang PT. Surya Mandala Di Pasar Anom Kecamtan Kota Sumenep. (Studi Kasus Pada Toko Arif Di Pasar Anom Kecamatan Kota Sumenep). Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
|
Text (Jurnal Skripsi)
rifatul.pdf Download (905kB) | Preview |
Abstract
Kecap sebagai penambah cita rasa makanan yang sudah menjadi komoditas penting bagi industri kuliner, khususnya makanan khas nusantara, karena merupakan salah satu unsur pelengkap masakan/makanan bagi para pedagang bakso, bubur, bakmi, soto, sate dan lainnya. Bukan hanya penting bagi industri kuliner, kecap juga penting bagi konsumen sebagai salah satu pelengkap dalam hampir setiap makanan yang dikonsumsi. Salah satu industri skala rumah tangga di Kabupaten Sumenep adalah perusahaan kecap cap Ikan Terbang yang terletak di desa Mandala yang sudah berdiri pada tahun 1991. Produk kecap yang dipasarkan/di jual di Pasar Anom terdiri dari merk kecap lokal dan nasional, beragamnya ketersediaan merk kecap baik lokal maupun nasional di Kabupaten Sumenep membuat kecap cap Ikan Terbang perlu untuk memiliki keunikan bagi produknya dan perlu mengetahui dan memahami produk kecap yang di inginkan oleh konsumen. Oleh karena itu diperlukan alat analisa yang dapat dipergunakan untuk mengetahui preferensi konsumen dalam membeli produk kecap cap Ikan Terbang. Tujuan Penelititan ini adalah (1) Untuk mengetahui variabel kecap cap Ikan Terbang yang menjadi preferensi konsumen di Pasar Anom Kecamatan Kota Sumenep. (2) Untuk mengkaji hubungan yang signifikan antara variabel (Rasa, Kemasan, Tempat, Harga, Ketahanan) dengan kesukaan konsumen dalam membeli kecap cap Ikan Terbang di Pasar Anom Kecamatan Kota Sumenep. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) yaitu Toko Arif di Pasar Anom Kabupaten Sumenep dengan pertimbangan karena merupakan salah satu toko yang menjual kecap cap Ikan Terbang dan memiliki konsumen tetap kecap cap Ikan Terbang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data untuk mengolah dan menjawab hipotesis yaitu dengan skala ukur Skala Likert, Analisis Chi-Square dan Analisis Koefisien Kontingensi. Berdasarkan Hasil penelitian dan pembahasan, hasil dari pembahasan mengenai variabel yang disukai oleh konsumen yaitu dapat dilihat dari hasil rekapitulasi bahwa variabel yang paling disukai atau dipertimbangkan oleh konsumen adalah Rasa dan Harga dan untuk variabel berikutnya yang disukai oleh konsumen atau dipertimbangkan oleh konsumen adalah variabel Kemasan, Tempat dan Ketahanan. Hasil uji chi-square menunjukkan bahwa nilai X2hitung lebih besar daripada X2tabel yaitu 29,11 > 3,481 yang berarti H0 ditolah Ha diterima yang artinya ada hubungan antara kesukaan konsumen terhadap semua variabel kecap cap Ikan Terbang di Pasar Anom, dan hasil uji koefisien kontingensi menunjukkan nilai sebesar 0,59 ≠ 0 yang artinya ada hubungan yang signifikan antara kesukaan konsumen terhadap semua variabel kecap cap Ikan Terbang. Hasil uji skala likert akhir menunjukkan nilai 88,6% yang artinya berada dalam ketegori “Sangat Suka” sehingga didapat kesimpulan bahwa kesukaan konsumen terhadap semua variabel kecap cap Ikan Terbang ada hubungan dan terletak pada kriteria/kategori sangat suka yang berarti menjadi dasar pertimbangan preferensi konsumen untuk membeli kecap cap Ikan Terbang di Pasar Anom Kecamatan Kota Sumenep. Kata Kunci : Preferensi Konsumen, Chi-Square dan Koefisien Kontingensi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 – Technology > 630 Agriculture, Farm, Farming |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Anisa Zulfa Nurfaizah |
Date Deposited: | 02 Oct 2019 03:21 |
Last Modified: | 08 Dec 2022 08:20 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/105 |
Actions (login required)
View Item |