Fitriah, Diah Ila (2018) ANALISIS HUBUNGAN PSIKOLOGI SOSIAL, PENGETAHUAN AWAL IPA dan HASIL BELAJAR IPA DENGAN VARIABEL MODERASI PERSPEKTIS SISWA BOARDING SCHOOL. Skripsi thesis, Universitas Wiraraja.
|
Text (Abstrak)
Diah Ila Fitriah 714.7.1.0261.pdf Download (121kB) | Preview |
Abstract
Problem yang sering terjadi di kota Sumenep adalah adanya degradasi moral pada anak-anak usia peralihan yaitu usia 13-17 tahun dengan jenjang pendidikan SMP atau MTs, dimana pada usia peralihan anak-anak mudah terpengaruh oleh gaya hidup masyarakat sekitarnya. Boarding school diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalah tersebut, salah satu lembaga yang menerapkan boarding school yaitu MTs Nurul Islam. MTS Nurul Islam menerapkan sistem Boarding day school dimana mayoritas siswa tinggal di lingkungan pondok dan sebagian lagi tinggal di rumah orang tua/wali. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil peneitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan awal terhadap hasil belajar IPA dengan nilai signifikansi sebesar 6.754; (2) Tidak terdapat hubungan psikologi sosial terhadap hasil belajar IPA karena nilai yang di peroleh sebesar 0.961; (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara psikologi sosial terhadap pengetahuan awal IPA dengan nilai signifikansi sebesar 4.197; (4) Perspektif boarding school merupakan variabel moderasi antara hubungan psikologi sosial terhadap pengetahuan awal IPA. Kata kunci: Psikologi, Pengetahuan awal, Hasil belaj
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 – Science > 500 Natural Science and Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA |
Depositing User: | Ahmad Luthfi |
Date Deposited: | 19 Jun 2020 03:16 |
Last Modified: | 19 Jun 2020 03:38 |
URI: | http://repository.wiraraja.ac.id/id/eprint/867 |
Actions (login required)
View Item |